DetikNews
Kamis 07 Desember 2017, 13:50 WIB

Ketua PN Jakpus Turun Gunung Pimpin Sidang Setya Novanto

Faiq Hidayat - detikNews
Ketua PN Jakpus Turun Gunung Pimpin Sidang Setya Novanto Pejabat humas Pengadilan Tipikor Jakarta Ibnu Basuki (Foto: Faiq Hidayat/detikcom)
Jakarta - Jadwal sidang perdana Setya Novanto telah ditentukan yaitu pada Rabu, 13 Desember 2017. Ketua Pengadilan Negeri Jakarta Pusat (PN Jakpus) Yanto turun gunung langsung memimpin sidang itu.

"Dulu Ketua Pengadilan Denpasar, sekarang Ketua Pengadilan Jakarta Pusat," ucap pejabat humas Pengadilan Tipikor Jakarta Ibnu Basuki di kantornya, Jalan Bungur Besar Raya, Jakarta Pusat, Kamis (7/12/2017).


Susunan majelis hakim yang mengadili perkara Novanto itu tidak berbeda dengan sidang-sidang kasus korupsi e-KTP sebelumnya. Yang berbeda hanya posisi ketua majelis hakim yang sebelumnya diisi Jhon Halasan Butar-butar.

"Justru itu kalau perkara sama displit, relatif hakim yang menangani perkara tersebut dianjurkan seperti itu, dia dianggap mengusai, kecuali ada hal khusus. Pak Jhon mutasi ke Pontianak," kata Ibnu.

Selain Yanto, 4 majelis hakim yang akan mengadili Novanto yaitu Frangki Tambuwun, Emilia Djajasubagja, Anwar, dan Ansyori Syaifudin.


Novanto dijerat KPK sebagai tersangka kasus korupsi e-KTP untuk kedua kalinya. Dia sempat lepas dari status tersangka ketika memenangi praperadilan.

Namun Novanto kembali mengajukan praperadilan yang dimulai pagi tadi. Hakim tunggal praperadilan Kusno menyebut putusan praperadilan kemungkinan akan dibacakan pada Kamis pekan depan atau tepatnya tanggal 14 Desember 2017.

Apabila surat dakwaan Novanto dibacakan pada 13 Desember 2017, maka praperadilan Novanto otomatis gugur.


(dhn/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed