DetikNews
Rabu 06 Desember 2017, 16:13 WIB

Bertemu Ketua MA Malaysia, Jaksa Agung Minta Sidang Siti Aisyah Adil

Yulida Medistiara - detikNews
Bertemu Ketua MA Malaysia, Jaksa Agung Minta Sidang Siti Aisyah Adil Jaksa Agung M Prasetyo di acara 'Jurist Gathering & China-ASEAN Legal Forum' di International Conference Center Li Yuan Resort, Nanning, Guangxi, Selasa (5/12). (Foto: dok. Kejaksaan Agung RI)
Jakarta - Jaksa Agung RI M Prasetyo melakukan pertemuan dengan Ketua Mahkamah Agung Malaysia Tan Sri Datuk Wira Ahmad Bin Haji Maarop. Dalam pertemuan itu, Prasetyo meminta agar sidang WNI Siti Aisyah terkait dugaan pembunuhan Kim Jong-Nam berjalan adil.

"Dalam pertemuan tersebut, Jaksa Agung menaruh perhatian terhadap perlindungan hukum WNI, termasuk meminta agar proses hukum Siti Aisyah, yang saat ini disidangkan di Malaysia, dapat berjalan secara adil dan fair," kata Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan Agung M Rum dalam keterangannya, Rabu (6/12/2017).


Pertemuan bilateral tersebut digelar di sela-sela acara 'Jurist Gathering & China-ASEAN Legal Forum' di International Conference Center Liyuan Resort, Nanning, Guangxi, pada Selasa (5/12) kemarin. Kepada Tan Sri, Prasetyo mengatakan tak ingin Siti Aisyah hanya dijadikan korban konspirasi pihak lainnya.

"Karena Jaksa Agung tidak menginginkan Siti Aisyah hanya dijadikan korban konspirasi pihak lain," ujar Rum.

Merespons Prasetyo, Tan Sri menyebut telah menunjuk jaksa profesional untuk menangani perkara tersebut.


"Dalam hal ini, Chief Judge Malaysia Tan Sri Wira Datuk Ahmad menyatakan perkara Siti Aisyah sedang dalam proses persidangan dan telah ditunjuk jaksa profesional untuk menangani perkara dimaksud," kata Rum.

Sebelumnya diberitakan, Siti Aisyah bersama Doan Thi Huong, wanita asal Vietnam, dituduh membunuh Kim Jong-Nam, yang merupakan saudara tiri Presiden Korea Utara, Kim Jong-Un.


Selain itu, empat tersangka pria lain masih diburu atas dugaan pembunuhan yang terjadi di Bandara Internasional Kuala Lumpur pada 13 Februari lalu. Huong dan Aisyah dituduh membunuh Jong-Nam dengan mengusap wajahnya dengan racun mematikan VX, racun kimia yang dilarang oleh PBB dan dinyatakan sebagai senjata pemusnah massal.

Dalam persidangan sebelumnya, dilansir kantor berita Reuters, Senin (6/11), terungkap seorang pejabat Kedutaan Korea Utara terekam kamera CCTV saat bertemu dengan para tersangka yang diburu atas pembunuhan Kim Jong-Nam. Hal tersebut terungkap dalam rekaman video yang diputar dalam persidangan kasus pembunuhan Jong-Nam yang kembali digelar Senin (6/11), di Kuala Lumpur, Malaysia.


Keempat tersangka pria terekam dalam CCTV bandara sedang berbicara dengan Aisyah dan Huong, sebelum kedua wanita itu menyerang Jong-Nam dengan racun VX. Untuk pertama kalinya keempat pria tersebut diidentifikasi sebagai warga negara Korut.

Tiga dari empat pria tersebut terekam CCTV saat bertemu dengan seorang pejabat Kedutaan Korut dan seorang manajer Air Koryo, maskapai penerbangan nasional Korut, di terminal utama bandara setelah serangan ke Jong-Nam. Demikian disampaikan kepala penyelidik kepolisian Malaysia Wan Azirul Nizam Che Wan Aziz di persidangan.
(yld/jbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed