Usai Antar KSAU Jelang Uji Kepatutan, Jenderal Gatot Tinggalkan DPR

Audrey Santoso - detikNews
Rabu, 06 Des 2017 09:55 WIB
Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo di DPR. (Foto: Audrey Santoso/detikcom)
Jakarta - Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo turut mengantar KSAU Marsekal Hadi Tjahjanto untuk uji kelayakan dan kepatutan menjadi Panglima TNI. Usai mengantar Marsekal Hadi, Jenderal Gatot meninggalkan gedung DPR.

Marsekal Hadi diantar dengan iring-iringan mobil TNI ke gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (6/12/2017). Selain Gatot, KSAD Jenderal Mulyono dan KSAL Laksamana Ade Supandi juga mengantar Marsekal Hadi.


Jenderal Gatot dan Marsekal Hadi sempat memberikan pernyataan jelang fit and proper test di Komisi I DPR. Gatot menegaskan, ia hanya mengantar Hadi.

"Saya bersama Pak KSAD dan Pak KSAL datang ke sini mengantar Pak Hadi, bukan mendampingi. Mengantar saja. Mendampingi tak boleh," ujar Gatot kepada wartawan.

Seusai memberikan pernyataan, Gatot dan Hadi kompak salam komando. Gatot, Mulyono, dan Ade langsung meninggalkan gedung DPR sekitar pukul 09.26 WIB. Sementara, Hadi langsung ke ruang Komisi I DPR.


Beberapa materi akan ditujukan ke Marsekal Hadi dalam uji kepatutan dan kelayakan yang akan digelar pukul 10.00 WIB ini. Wakil Ketua Komisi I DPR TB Hasanudin menyebut agenda ujian bagi Hadi ini akan berlangsung terbuka-tertutup.

"Ketika paparan visi-misi itu terbuka dan ketika pendalaman, karena ada mungkin banyak hal-hal yang sifatnya rahasia, kami laksanakan tertutup," ujar TB Selasa (5/12) kemarin. (dkp/elz)