DetikNews
Selasa 05 Desember 2017, 10:52 WIB

NasDem Dukung Marsekal Hadi Jadi Panglima TNI yang Baru

Gibran Maulana Ibrahim - detikNews
NasDem Dukung Marsekal Hadi Jadi Panglima TNI yang Baru Foto: Sukma Indah Permana/detikcom
Jakarta - Nama Marsekal Hadi Tjahjanto diusulkan Presiden Joko Widodo menjadi Panglima TNI yang baru, menggantikan Jenderal Gatot Nurmantyo. NasDem mendukung Hadi dan berharap dia dapat mewujudkan netralitas jajaran TNI dalam Pemilu Serentak 2019 andai terpilih sebagai Panglima TNI.

"Sikap Fraksi nanti kan ada di Komisi (Komisi I DPR). Sampai hari ini F-NasDem belum melakukan penolakan, dan setuju. Sampai hari ini F-NasDem setuju atas usul Presiden," ujar anggota Komisi I DPR F-NasDem Supiadin Aries Saputra di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (5/12/2017). .

"Mau siapa pun (Panglima TNI), sama tantangannya ke depan. Pertama, dia harus membangun soliditas TNI. Kedua, terus mengupayakan program MEF terwujud di 2024. Ketiga adalah segera mempersiapkan TNI untuk mewujudkan netralitas dalam menghadapi pemilu dan pilkada. Itu paling pokok," imbuhnya


NasDem juga berharap Hadi dapat memperkuat alutsista TNi jika jadi Panglima TNI. Selain itu, NasDem menyoroti peran TNI dalam menjaga wilayah perbatasan RI.

"Ke depan, prioritas wilayah perbatasan," terang dia.


Rencananya, Komisi I DPR akan menggelar uji kelayakan dan kepatutan terhadap Hadi besok. Supiadin mengatakan akan mendalami visi-misi Hadi sebagai calon Panglima TNI.

"Terserah dia, dia punya visi-misi. Kita dalami. Ya pastilah Komisi I siapkan (pertanyaan). Visi-misi akan kita dalami," sebutnya.
(gbr/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed