DetikNews
Jumat 01 Desember 2017, 19:08 WIB

Kata Sandiaga Soal Kemungkinan Semua Warga DKI Gratis Masuk Ancol

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Kata Sandiaga Soal Kemungkinan Semua Warga DKI Gratis Masuk Ancol Foto: Aditya Fajar/detikcom
Jakarta - Siswa pemegang Kartu Jakarta Pintar (KJP) mulai hari ini dapat menikmati fasilitas gratis masuk Ancol. Namun, mungkinkah semua warga Jakarta juga dapat menikmati fasilitas tersebut?

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno menjelaskan, pemberian fasilitas gratis masuk Ancol ini memang bertujuan untuk mengembalikan keadilan bagi seluruh warga DKI. Meski demikian, ia tidak ingin terburu-buru memaksakan penerapan kebijakan tersebut untuk semua warga.

"Kita lihat nanti masing-masing bauran kebijakannya apa," kata Sandi, di Pasar Seni, Ancol, Jakarta Utara, Jumat (1/12/2017).

Dijelaskannya, esensi dari pemberian fasilitas gratis masuk Ancol bagi penerima KJP ini adalah keberadilan atas akses rekreasi untuk semua warga, khususnya warga tidak mampu di Jakarta. Namun, lanjut Sandi, PT Pembangunan Jaya Ancol yang merupakan perusahaan publik juga memiliki tanggung jawab kepada para pemegang saham.

"Jadi program yang dilakukan pak Paul ini jadi harus masuk ke kajian-kajian yang bisa dirasionalisasikan beliau sebagai pimpinan perusahaan yang bisa IPO (initial public offering)," ujarnya.

Ia pun berharap dengan adanya fasilitas gratis masuk Ancol bagi penerima KJP ini, tingkat kehadiran pengunjung di Ancol juga akan semakin meningkat. Dengan peningkatan tersebut, Sandi yakin pendapatan PT Pembangunan Jaya Ancol juga akan meningkat, sehingga Ancol akan dapat memberikan fasilitas-fasilitas lain yang berpihak kepada masyarakat kecil.

"Nah ini (fasilitas gratis masuk Ancol bagi penerima KJP) yang udah dihadirkan sekarang," ujarnya.

Program KJP gratis masuk Ancol merupakan sinergi PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk dengan PT Bank DKI dalam mendukung Dinas Pendidikan provinsi DKI Jakarta. Para siswa pemegang KJP akan mendapat fasilitas gratis di Ancol, seperti Bus Wara-wiri, Kereta Wisata Sato-sato, Pantai Ancol, Taman Fitnes dan ruang terbuka di Allianz Ecopark.

Selain Pemegang KJP, satu pendamping penerima KJP usia Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) juga akan diberikan fasilitas gratis masuk Ancol. Namun, fasilitas gratis satu pengantar tersebut tidak akan diberikan kepada penerima KJP usia Sekolah Menengah Atas (SMA).
(jor/jor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed