DetikNews
Jumat 01 Desember 2017, 11:56 WIB

Pemasok Senjata ke dr Helmi Modifikasi Airsoft Gun Jadi Senpi

Ibnu Hariyanto - detikNews
Pemasok Senjata ke dr Helmi Modifikasi Airsoft Gun Jadi Senpi Polisi mengungkap kasus penembakan dr Letty yang dilakukan oleh suaminya, dr Helmi (Foto: Ibnu Haryanto/detikcom)
Jakarta - Polisi menangkap Robby dan dr Sony penjual senjata yang dipakai dr Ryan Helmi membunuh istrinya dr Letty Sultri di Klinik Jaktim. Polisi menyebut dr Sony bisa memodifikasi senjata airsoft gun menjadi senjata api.

"Senjata airsoft gun, air gun, blank gun dimodifikasi menjadi senjata api oleh tersangka dr Sony ini," kata Dirreskrimum Polda Metro Jaya Kombes Nico Afinta di Mapolda Metro Jaya, Jl Jenderal Sudirman, Jakarta Selatan, Jumat (1/12/2017).

Dalam rilis ini, polisi juga menampilkan dua orang pemasok senjata ke dr HelmiDalam rilis ini, polisi juga menampilkan dua orang pemasok senjata ke dr Helmi (Foto: Ibnu Haryanto/detikcom)

[Gambas:Video 20detik]


Nico mengatakan dr Sony memang memiliki usaha jual beli asesoris senjata airsoft gun. Nico menjelaskan dr Sony menjual semua senjata tersebut melalui situs jual beli online.

"Tersangka melakukan transaksi jual beli senjata api melalui media sosial Facebook dan situs jual beli online," ujar dia.


Polisi menyebut pemasok senjata dapat memodifikasi airsoft gun menjadi senpi Foto: Ibnu Haryanto/detikcomPolisi menyebut pemasok senjata dapat memodifikasi airsoft gun menjadi senpi (Foto: Ibnu Haryanto/detikcom)

Dari tangan tersangka polisi berhasil menyita 2 pucuk senjata api jenis revolver, 13 senjata rakitan hasil modifikasi dari airsoft gun dan 7 senjata jenis soft gun dan ribuan peluru mulai dari kaliber 9 mm hingga 32 mm. Para tersangka terancam pasal 1 ayat 1 UU Darurat nomor 12 tahun 1951 dengan ancaman hukuman pidana seumur hidup.

"Kami akan terapkan pasal 1 ayat 1 Undang-undang Darurat Tahun 1951 dengan ancaman pidana seumur hidup," ucap Nico.


Senpi yang disita polisi dari dr Sony yang jadi pemasok senjata ke dr HelmiSenpi yang disita polisi dari dr Sony yang jadi pemasok senjata ke dr Helmi Foto: Ibnu Haryanto/detikcom

Polisi berhasil menangkap Robby dan dr Sony pada Selasa (28/11). Robby ditangkap di Banyuwangi. Tak lama berselang, Sony juga ditangkap di Surabaya, Jawa Timur.

dr Helmi mendapatkan senjata dari Robby dengan harga Rp 25 juta. Sementara itu Robby membeli senjata tersebut dari Sony seharga Rp 10 juta. Robby dan Sony berkenalan dari situs jual beli online. Mereka pun kerap kali terlibat jual beli asesoris senjata airsoft gun.
(jbr/jbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed