DetikNews
Rabu 29 November 2017, 14:10 WIB

Indonesia Kecam Peluncuran Rudal Korut

Ray Jordan - detikNews
Indonesia Kecam Peluncuran Rudal Korut Menlu RI Retno Marsudi (Foto: Bagus Prihantoro Nugroho/detikcom)
Jakarta - Korea Utara (Korut) meluncurkan rudal ICBM jenis baru, Hwasong-15, pada Rabu (29/11). Pemerintah Indonesia mengecam keras tindakan Korut tersebut.

"Kita kembali mengecam ya, uji coba peluncuran rudal yang dilakukan Korut," ujar Menlu RI Retno LP Marsudi saat ditemui di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (29/11/2017).

Retno menilai, tindakan Korut tersebut melanggar semangat untuk menjaga perdamaian di kawasan Semenanjung Korea. Tak hanya itu, tindakan itu juga dinilai bertentangan resolusi Dewan Keamanan (DK) Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB).




"Ini tentunya melanggar semangat atau upaya kita menjaga perdamaian dan stabilitas di semenanjung Korea," katanya.

"Dan tindakan ini sudah bertentangan dengan semua resolusi DK PBB. Jadi intinya posisi kita seperti itu," tambahnya.

Retno mengatakan, Indonesia juga terus melakukan komunikasi dengan pemerintah Korea Selatan (Korsel). Salah satunya saat Presiden Korsel bertemu dengan Jokowi beberapa waktu lalu di Bogor, Jawa Barat.

"Kita sudah menyampaikan itu posisi kita jelas dan kita terus berkomunikasi dengan Korsel. Bapak Presiden waktu Presiden Korsel berkunjung ke sini membahas hal itu. Dan sudah menyampaikan apa yang sudah dilakukan. Tentunya sudah dihitung situasinya seperti itu," katanya.
(jor/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed