DetikNews
Selasa 28 November 2017, 20:45 WIB

Kapolda Bali: Jangan Sebar Hoax soal Gunung Agung!

Indra Komara - detikNews
Kapolda Bali: Jangan Sebar Hoax soal Gunung Agung! Kapolda Bali Irjen Petrus R Golose (Prins David Saut/detikcom)
FOKUS BERITA: Erupsi Gunung Agung
Jakarta - Beredar kabar bahwa erupsi Gunung Agung Bali sudah melontarkan hujan batu. Kapolda Bali Irjen Petrus R Golose menyatakan informasi tersebut hoax alias tidak benar.

"Setelah ada informasi tadi, saya langsung memerintahkan kapolsek untuk cek. Jadi sampai sekarang belum ada batu yang keluar seperti yang disampaikan," kata Petrus.

Pernyataan tersebut disampaikan Petrus lewat video conference terkait koordinasi penanganan erupsi Gunung Agung, Selasa (28/11/2017). Acara ini dipimpin Menko Kemaritiman Luhut Pandjaitan dari ruang Command Center Kemenhub, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Selasa (28/11/2017).


Petrus menjelaskan Polda Bali sangat siap dalam menangani pengungsi Gunung Agung. Dia menyiagakan lebih dari 1.700 personel. Sejak 27 November, pihaknya melaksanakan patroli ke rumah-rumah penduduk yang mengungsi memastikan tidak ada pencurian.

Video Conference Penanganan Erupsi Gunung AgungVideo conference penanganan erupsi Gunung Agung (Indra Komara/detikcom)

"Kami juga membantu mengevakuasi pengungsi," jelas Petrus. Dia menegaskan jajarannya terus bersinergi dengan TNI dan pihak-pihak terkait.

Selain itu, menurut Petrus, pihaknya bersama TNI mengawasi hoax yang muncul di masyarakat. Pihaknya dan TNI terus berupaya meluruskan informasi jika ada hoax tersebar agar warga tidak panik.

Petrus mengingatkan agar jangan ada pihak-pihak yang menyebar hoax terkait Gunung Agung. Jajaran Polda Bali tidak akan segan-segan melakukan tindakan tegas karena ini sangat membahayakan.


"Kami bersama TNI memantau secara visual untuk menjawab bila ada hoax yang muncul. Kami memohon untuk tidak menyebarkan isu-isu yang meresahkan," tegasnya. Menurut Petrus, sangat penting untuk tidak membuat warga di Bali panik saat mengungsi agar situasi tetap terkendali.

Petrus juga bicara soal kebutuhan jajarannya. Saat ini semua sedang dipersiapkan agar anggotanya dalam menangani pengungsi Gunung Agung lebih maksimal.

"Masker N95 kami minta didorong hari ini sebanyak 25 ribu buah dengan kualitas lebih bagus dikirim lewat jalan darat oleh Mabes Polri. Kami juga sudah kordinasi dengan Kakor Polair untuk mengirimkan kapal lebih besar seandainya dibutuhkan untuk mem-backup logistik," jelasnya.
(hri/fdn)
FOKUS BERITA: Erupsi Gunung Agung
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed