DetikNews
Jumat 24 November 2017, 23:37 WIB

Soal RAPBD DKI 2018, Sandiaga: Saya Pengalaman Banget Penghematan

Mochamad Zhacky - detikNews
Soal RAPBD DKI 2018, Sandiaga: Saya Pengalaman Banget Penghematan Wagub DKI Jakarta Sandiaga Uno (Muh Zhacky/detikcom)
Jakarta - Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengaku berpengalaman dalam hal penghematan anggaran. Kata dia, penghematan APBD DKI Jakarta akan dilakukan dalam 5 tahun ke depan.

"Jadi tentunya kita lihat yang paling besar waktu itu BUMD, dapat triliunan rupiah. Dengan (pendanaan) 20-80 (persen), ternyata terbuka bahwa banyak opsi yang ada. Menghemat akan kita lakukan terus dan ini menjadi napas 5 tahun ke depan. Saya pengalaman banget penghematan," ujar Sandiaga di Balai Kota, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (24/11/2017).

Sandiaga memang terkenal sebagai pebisnis muda. Dia pernah menjabat posisi strategis di beberapa perusahaan. Dia pun optimistis RAPBD DKI 2018 bisa disetujui.

Tapi di sisi lain, Sandiaga mengaku tak bisa leluasa merancang anggaran DKI Jakarta tahun ini. Sebab, anggaran tahun ini sudah disusun sebelum dia menjabat sebagai wagub.

"Saya sih sangat optimistis. Tapi ke depan, bujet 2019 akan murni Anies-Sandi. Kan kalau yang ini sudah diajukan sebelumnya dan kita masuk di detik-detik terakhir," terang dia.

Ada beberapa kebijakan penghematan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam RAPBD 2018. Salah satunya pencabutan penyertaan modal daerah (PMD) untuk beberapa BUMD.







(zak/rna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed