DetikNews
Jumat 24 November 2017, 21:51 WIB

Periksa Istri Novanto dan Panggil 2 Anaknya, KPK: Belum ke TPPU

Nur Indah Fatmawati - detikNews
Periksa Istri Novanto dan Panggil 2 Anaknya, KPK: Belum ke TPPU Istri Setya Novanto, Deisti Astriani Tagor (Hasan Alhabshy/detikcom)
Jakarta - KPK mempercepat pemeriksaan sejumlah orang untuk merampungkan berkas penyidikan tersangka kasus dugaan korupsi e-KTP, salah satunya Setya Novanto. Pemeriksaan juga dilakukan terhadap keluarga Novanto.

Keluarga Novanto yang dipanggil adalah istri Novanto, Deisti Astriani Tagor, dan dua anaknya, Rheza Herwindo dan Dwina Michaela. Pemanggilan terkait dengan kasus e-KTP menyangkut perusahaan dalam pengadaan e-KTP

Deisti dan Rheza diketahui merupakan mantan Komisaris PT Mondialindo Graha Perdana. Sedangkan Dwina tercatat pernah menjabat Komisaris PT Murakabi Sejahtera.



PT Murakabi Sejahtera tercatat masuk dalam konsorsium tender pengadaan e-KTP. Dalam proses tender, konsorsium tersebut diduga disiapkan untuk memuluskan Konsorsium PNRI, yang diarahkan menjadi pemenang tender e-KTP.

Murakabi Sejahtera pernah dipimpin oleh keponakan Novanto, Irvanto Hendra Pambudi Cahyo. PT Mondialindo disebut-sebut memiliki saham di PT Murakabi Sejahtera.

Sementara itu, pemeriksaan Deisti disebut KPK dilakukan untuk mengetahui kepemilikan kedua perusahaan itu serta pengambilalihan sahamnya.



Sebelumnya, KPK memeriksa beberapa notaris untuk mengetahui pendirian perusahaan terkait. Namun KPK, menurut Febri, belum memastikan akan dimulainya pengusutan tindak pidana pencucian uang.

"Kami belum sampai pada kesimpulan apakah akan melangkah untuk melakukan pengusutan tindak pidana pencucian uang (TPPU) atau tidak, karena KPK masih berfokus pada proses lebih lanjut pembuktian di tingkat penyidikan," ujar Kabiro Humas KPK Febri Diansyah kepada wartawan di kantornya, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Jumat (24/11/2017).
(nif/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed