DetikNews
Jumat 24 November 2017, 14:00 WIB

167 Penyidik Dikerahkan Tangani Kasus Teror Novel Baswedan

Nur Indah Fatmawati - detikNews
167 Penyidik Dikerahkan Tangani Kasus Teror Novel Baswedan Kapolda Metro Jaya tunjukkan sketsa terbaru terduga pelaku penyiraman terhadap Novel Baswedan (Foto: Nur Indah Fatmawati-detikcom)
Jakarta - Kapolda Metro Jaya Irjen Idham Azis datang ke KPK untuk menyampaikan progres penyelidikan kasus penyerangan terhadap penyidik KPK Novel Baswedan. Ketua KPK Agus Rahardjo mengatakan ada kemajuan signifikan dalam penyelidikan kasus ini.

"Tadi perkembangan sudah disampaikan. Ada kemajuan yang signifikan, karena paling tidak, nanti Pak Idham akan sampaikan. Polri juga secara sungguh-sungguh sudah menggunakan peralatan untuk menyelidiki kasus," kata Agus di kantornya, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Jumat (24/11/2017).


Dia mengatakan dalam penyelidikan kasus ini, ada sebanyak 167 orang yang diikutsertakan. Dia mengatakan beberapa anggota KPK ikut dalam tim ini.

"Ada 167 penyidik dan penyelidik yang didedikasikan dalam penyelidikan ini. Mudah-mudahan kalau bisa beberapa orang, tak mengganggu penyelidikan yang berjalan," katanya.


Sementara itu, Idham mengatakan pihak kepolisian berkomitmen untuk membuat kasus ini terang. Dalam proses penyelidikan yang dilakukan, Polda Metro Jaya dibantu oleh Australia Federal Police (AFP) dan Inafis Mabes Polri.

"Saya ingin beri info yang sudah didiskusikan di atas. Pertama, kami bekerja untuk membuat terang satu tindak pidana ini, Kami tidak bekerja sendiri, kami dibantu Australian Federal Police. Kami bekerja dengan Inafis juga. Karena CCTV yang kita temukan perlu bantuan," tuturnya.


Teror penyiraman air keras menimpa Novel Baswedan pada 11 April 2017. Penyerangan itu terjadi sepulangnya Novel dari salat subuh di masjid dekat rumahnya.

Novel kini tengah menjalani perawatan di Singapura. Dia menjalani operasi tahap pertama terhadap matanya pada Agustus 2017. Pada Oktober lalu, sebenarnya operasi tahap kedua direncanakan tetapi batal karena kondisi mata kiri Novel masih membutuhkan perawatan.
(jbr/dhn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed