DetikNews
Jumat 24 November 2017, 11:44 WIB

Putri Novanto, Dwina Michaela Tak Terima Surat Panggilan KPK

Nur Indah Fatmawati - detikNews
Putri Novanto, Dwina Michaela Tak Terima Surat Panggilan KPK Dwina Michaela ketika menikah (Foto: dok CNN Indonesia, Facebook)
FOKUS BERITA: Setya Novanto Ditahan
Jakarta - Dwina Michaela, putri Setya Novanto, tidak menerima surat panggilan yang dikirim KPK. Surat itu dikembalikan ke KPK.

"Kalau situ tanya, surat panggilan diterima atau nggak, ada dikirim ke kediaman pak SN (Setya Novanto), dikembalikan sama yang mengirim, bahwa alamatnya keliru. Karena mereka itu sudah keluar dari rumah kurang lebih 6 tahun yang lalu. Sudah punya rumah sendiri," ucap Fredrich saat dihubungi lewat sambungan telepon, Jumat (24/11/2017).


Surat yang ditujukan pada Dwina itu dikirim ke alamat rumah Novanto di Jalan Wijaya XIII nomor 19, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Namun, Dwina sudah lama tidak tinggal di sana.

Menurut Fredrich, Dwina tidak tahu akan surat panggilan itu. Surat yang dikirim ke rumah Novanto itu pun dikembalikan ke KPK.

"Kalau nggak salah kemarin sore. Saya dapat laporan dari sana. 'Pak ini dapat surat dari KPK, tapi kita tolak karena alamatnya bukan di sini.' 'Ya sudah, benar,' saya bilang begitu," ujar Fredrich menirukan percakapan.

Fredrich tidak berkomentar lebih jauh soal kehadiran Dwina. Dia mengaku Dwina tidak memberikan kuasa kepadanya.

"Tapi saya nggak ngerti (soal kehadiran) karena saya bukan kuasa hukum beliau," katanya.


Dwina Michaela yang disebut mantan Komisaris PT Murakabi Sejahtera rencananya diperiksa oleh penyidik KPK terkait dugaan korupsi e-KTP. Dia akan diperiksa sebagai saksi atas tersangka Direktur Utama PT Quadra Solution Anang Sugiana Sudihardjo.

Dalam persidangan, Novanto mengaku tidak tahu bila anaknya, Dwina, pernah menjadi komisaris perusahaan yang mengikuti lelang proyek e-KTP. Novanto pun mengaku sedikit bingung.

"Saksi kenal dengan yang bernama Dwina Michaela?" tanya jaksa KPK kepada Novanto dalam sidang lanjutan dengan terdakwa Andi Agustinus alias Andi Narogong di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta, Jalan Bungur Besar Raya, Jakarta Pusat, Jumat (3/11).


"Iya kenal pak. Anak saya itu pak," jawab Novanto.

Kemudian, jaksa mengonfirmasi tentang informasi bila Dwina pernah menjadi Komisaris PT Murakabi Sejahtera. Novanto mengaku tak tahu.

"Apakah saksi tahu Dwina Michaela ini pernah jadi Komisaris di PT Murakabi Sejahtera?" tanya jaksa.

"Tidak tahu pak," ucap Novanto.
(nif/dhn)
FOKUS BERITA: Setya Novanto Ditahan
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed