DetikNews
Rabu 22 November 2017, 18:59 WIB

Revisi Pergub, Pemprov DKI Ingin Kantor Camat Punya 5 Lantai

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Revisi Pergub, Pemprov DKI Ingin Kantor Camat Punya 5 Lantai Foto: Kepala Biro Tata Pemerintahan DKI Jakarta Premi Lasari (Fida-detikcom)
Jakarta - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI berencana merevisi Pergub 26/2013 tentang standarisasi kantor camat dan lurah. Standar tanah yang terlalu luas dalam pergub tersebut dinilai menghambat renovasi kantor lurah dan camat.

"Jadi saat ini standarisasi kantor camat dan lurah itu didasari dari pergub 26 tahun 2013 tentang standarisasi kantor camat dan lurah. Tapi harus kita revisi karena di dalam pergub lama itu mengatur tentang luas tanah, padahal di Jakarta untuk memenuhi luas tanah itu sangat sulit," kata Kepala Biro Tata Pemerintahan DKI Jakarta Premi Lasari, di DPRD DKI, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Rabu (22/11/2017).

Premi mengatakan saat ini pengadaan pembangunan gedung rumah dinas dengan tanah seluas 2.500 meter akan direvisi. Menurutnya, saat ini sulit mencari lahan seluas itu di Jakarta.

"Di dalamnya untuk kantor camat saja harus syaratnya memiliki luas 2.500 meter persegi. Untuk di Jakarta sangat sulit untuk memenuhi itu. Maka itu kita akan revisi untuk tidak lagi mengatur luas tanah lagi, tapi ke luas bangunannya," jelasnya.




Premi mengatakan luas tanah akan dikurangi menjadi 1.700 meter persegi. Kantor tersebut juga dibebaskan untuk membangun bangunan dari 2 hingga 5 lantai.

"Kita buat standarisasi setelah kita hitung kebutuhan 1.700 meter persegi. Artinya nanti mau 2-5 lantai yg terpenting memenhi kriteria yang ada. Jadi kita tidak mengatur luas tanah, tapi luas bangunan," paparnya.

Premi mengatakan anggaran pembangunan rumah dinas dan kantor camat/lurah sebesar Rp 174,4 miliar. Terdapat 32 lokasi yang akan menjadi sasaran renovasi tersebut.

"Jadi paling banyak itu memang di Jakarta Timur karena memang tahun lalu pembangunan ada yang beberapa dikembalikan. Ada 6 dan diusulkan lagi tahun ini. Ada 11 pembangunan di Jakarta Timur," tuturnya.



(fdu/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed