DetikNews
Rabu 22 November 2017, 17:03 WIB

Pasang PP Bu Iriana untuk Umbar Kebencian, Hazbullah: Cuma Iseng

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Pasang PP Bu Iriana untuk Umbar Kebencian, Hazbullah: Cuma Iseng Hazbullah yang menggunakan foto Iriana Jokowi di akun FB untuk menyebarkan kebencian. (Donny Indra/detikcom)
Bandung - Hazbullah (38) ditangkap karena menggunakan foto Iriana Jokowi sebagai profile picture (PP) akun Facebook-nya untuk menyebarkan fitnah dan kebencian. Hazbullah mengaku hanya iseng.

"Saya hanya iseng aja. Terus ikut-ikutan akun yang lain," ucap Hazbullah bernada pelan saat ditanya soal motif di Mapolrestabes Bandung, Jalan Jawa, Kota Bandung, Rabu (22/11/2017).


Hazbullah ditangkap di kediamannya di Jalan Suka Aman, Cicadas, Bandung, pada Selasa (21/11) malam, pukul 22.00 WIB, dan digiring ke Mapolrestabes Bandung. Hazbullah, yang memakai baju tahanan berwarna oranye dan memakai penutup wajah, terus menunduk saat ditanya wartawan.

Hazbullah mengaku sudah menggunakan Facebook sejak setahun silam. Ia pun membuat empat akun Facebook yang seluruhnya diberi nama Fajrul Annam.

"Yang saya posting nggak ada ujaran kebencian," ujarnya.

Akun FB yang digunakan Hazbullah untuk menyebarkan kebencian dan fitnah Screencapture akun FB yang digunakan Hazbullah untuk menyebarkan kebencian dan fitnah. (Donny Indra/detikcom)


Kasubbag Operasi Patroli Siber Bareskrim Mabes Polri AKBP Susatyo Purnomo mengatakan pihaknya saat ini masih terus mengembangkan kasus ini. Polisi masih mendalami apakah ada keterikatan Hazbullah dengan kelompok penebar ujaran kebencian Saracen atau kelompok lain.

"Apakah dia satu kelompok dengan yang sebelumnya masih kita dalami. Karena kita juga masih membidik banyak akun lain yang serupa," kata Susatyo.

Dari penangkapan Hazbullah, polisi menyita barang bukti berupa satu unit ponsel Android, dua buah SIM card, paspor, serta KTP. Polisi menjerat Hazbullah dengan Pasal 45 ayat 2 jo Pasal 28 ayat 2 Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik dan/atau Pasal 16 jo Pasal 4 (b) 1 UU No 40 Tahun 2006 tentang Penghapusan Diskriminasi Ras dan Etnis, dengan ancaman 6 tahun bui.
(ams/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed