DetikNews
Rabu 22 November 2017, 12:14 WIB

Tanggul Jebol di Jatipadang, Ketua RW: Ada Nenek Hampir Jadi Korban

Herianto Batubara - detikNews
Tanggul Jebol di Jatipadang, Ketua RW: Ada Nenek Hampir Jadi Korban Dampak tanggul Kali Pulo Jebol menggenangi rumah warga Jatipadang (lFoto: Arief/Ketua RW 06)
Jakarta - Tanggul Kali Pulo di RT 03 RW 06, Jatipadang, Jakarta Selatan, jebol dan menggenangi rumah warga. Ketua RW 06 Arief Syarifuddin (37) berkata, nyawa seorang nenek hampir melayang akibat peristiwa ini.

Arief menceritakan tanggul Kali Pulo ini jebol pada Selasa (21/11) pukul 19.00 WIB. Air langsung masuk merendam permukiman warga di RT 03.

"Itu semua warga langsung panik karena kejadiannya tiba-tiba. Ketinggian air sampai se-dada orang dewasa," katanya saat dihubungi detikcom lewat telepon siang ini.

Menurut Arief, salah seorang warganya seorang nenek bernama Suhaya hampir saja jadi korban. Jika tidak segera ditolong warga, dia yakin nenek itu tidak akan selamat karena air yang masuk ke rumahnya tinggi dan deras.

Dampak Tanggul Kali Pulo di Jatipadang JebolDampak Tanggul Kali Pulo di Jatipadang Jebol Foto: Arief/Ketua RW 06

"Semua kita langsung evakuasi ke Masjid Al Ridwan di RW 09 dan ke rumah-rumah warga yang nggak terdampak," ujar dia.

Dikatakan Arief, kondisi nenek Suhaya saat ini baik-baik saja. "Putri bu Suhaya juga jadi korban. Pada saat membantu membuka pintu, sehingga tangannya terjepit karena dorongan air yang cukup kencang. Tangannya ada luka sedikit dan agak memar," jelasnya.


Dari foto-foto yang diunggah Arief, sekitar pukul 11.15 WIB air yang menggenangi permukiman warga sudah surut. Ketinggian air bervariasi dari sekitar 30-50 cm.

Ptugas PPSU Kelurahan Jatipadang dan petugas dinas Sumber Daya Air (SDA) Kecamatan Pasar Minggu sudah berada di lokasi melakukan penanganan. Tampak rumah-rumah warga dan masjid yang airnya sudah surut dipenuhi lumpur dan sampah berwarna kehitaman.
(hri/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed