DetikNews
Rabu 22 November 2017, 11:40 WIB

Tanggul Kali Pulo Jebol, Puluhan Rumah di Jatipadang Terendam Air

Herianto Batubara - detikNews
Tanggul Kali Pulo Jebol, Puluhan Rumah di Jatipadang Terendam Air Foto: Arief/Ketua RW 06
Jakarta - Malam tadi tanggul Kali Pulo di wilayah Jatipadang, Jakarta Selatan, jebol. Puluhan rumah hingga pagi ini masih terendam air.

"Air sekarang masih menggenangi sekitar 30 sampai 50 cm. Ada kurang-lebih 50-an rumah warga yang terdampak," kata Ketua RW 06 Jatipadang, Arief Syarifuddin (37), saat dihubungi detikcom lewat telepon, Rabu (22/11/2017).

Arief menjelaskan peristiwa ini terjadi pada Selasa (21/11) sekitar pukul 19.00 WIB. Sebagian tanggul Kali Pulo jebol dan membuat air meluber ke rumah warga.


"Kejadian persisnya jam 7 malam. Itu tiba-tiba saja tanggul jebol karena tingginya debit air. Tanggul itu belum ada sebulan dibuat warga. Semalam itu ketinggian airnya hingga sedada orang dewasa. Kalau pagi ini sudah lumayan surut," ujarnya.

Menurut Arief, petugas PPSU Kelurahan Jatipadang dan petugas Dinas Sumber Daya Air (SDA) Kecamatan Pasar Minggu sudah berada di lokasi melakukan penanganan.

Dari foto-foto yang Arief kirim, tampak rumah-rumah warga masih tergenang air berwarna cokelat. Selain itu, rumah-rumah dan masjid yang airnya sudah surut tampak dipenuhi lumpur dan sampah berwarna kehitaman.


Warga yang terdampak semalam, menurut dia, sudah diungsikan sementara ke Masjid Al-Ridwan di RW 09. Selain itu, ke rumah-rumah warga yang tidak terdampak.

BPBD DKI Jakarta sebelumnya juga menginformasikan soal tanggul jebol di wilayah Jatipadang ini. Mereka pukul 10.00 WIB tadi masih membersihkan lumpur di rumah-rumah warga yang terdampak.
(hri/hri)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed