DetikNews
Rabu 22 November 2017, 11:18 WIB

Laporan Dari Kuching

Presiden Jokowi Lakukan Pertemuan Terbatas dengan PM Najib

Ray Jordan - detikNews
Presiden Jokowi Lakukan Pertemuan Terbatas dengan PM Najib Presiden Jokowi tiba di Serawak Malaysia (Foto: Dok. Biro Pers Setpres)
Kuching - Presiden Joko Widodo (Jokowi) tiba di Kuching, Sarawak, Malaysia. Jokowi kemudian langsung menemui Perdana Menteri (PM) Malaysia Najib Razak untuk melakukan pertemuan.

Agenda pertama yakni pertemuan terbatas Presiden Jokowi dengan PM Malaysia berlangsung di ruang Enseng Hotel Hilton, Kuching, Sarawak, Malaysia, Rabu (22/11/2016). Jokowi tampak mengenakan kemeja batik warna cokelat, sementara Najib terlihat mengenakan kemeja batik corak warna merah dan hijau.

Dalam pertemuan terbatas ini, Jokowi didampingi oleh Menko PMK Puan Maharani, Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi dan Dubes RI untuk Malaysia Rusdi Kirana.


Dalam pertemuan terbatas itu, awak media hanya diperkenankan mengambil foto dan video sesaat sebelum keduanya melakukan pembicaraan. Selanjutnya, pertemuan tersebut berlangsung secara tertutup.

Setelah pertemuan itu, Jokowi dan Najib melanjutkan dengan pertemuan bilateral. Dalam pertemuan bilateral ini, Jokowi didampingi Menko PMK Puan Maharani, Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi, Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, Kepala BKPM Thomas Lembong dan Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki.


Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin mengatakan, ada empat hal utama yang dibahas dalam pertemuan dengan PM Najib tersebut. "Yakni penguatan kerjasama ekonomi, perlindungan WNI dan ketenagakerjaan, isu perbatasan dan isu pertahanan dan keamanan," kata Bey di luar ruangan Eseng Hotel Hilton, saat pertemuan berlangsung.

Selain pertemuan tersebut, kata Bey, dalam konsultasi tahunan ini akan dilakukan penandatanganan Nota Kesepahaman, konferensi pers bersama dan diakhiri dengan jamuan santap siang bersama.

"Sore harinya, Presiden akan bertemu dengan masyarakat Indonesia di Sarawak yang dihelat di Stadium Perpaduan," kata Bey.
(jor/ams)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed