DetikNews
Selasa 21 November 2017, 12:09 WIB

Setya Novanto Ditarik dari Kursi DPR, Siapa Penggantinya?

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Setya Novanto Ditarik dari Kursi DPR, Siapa Penggantinya? Setya Novanto/Foto: Lamhot Aritonang
Jakarta - Ketua Harian DPP Partai Golkar Nurdin Halid menyebut Setya Novanto yang berstatus tahanan KPK akan ditarik dari posisi Ketua DPR. Akan dibicarakan pengganti Novanto di DPR dalam rapat pleno DPP Golkar.

"Hari ini pasti kita putuskan untuk menarik Setya Novanto dari jabatan ketua DPR karena jabatan ketua DPR ini jabatan politis yang sangat strategis, berkaitan dengan budgeting, pengawasan dan legislasi," ujar Nurdin di kantor DPP Golkar, Jalan Anggrek Neli Murni, Slipi, Jakarta Barat, Selasa (21/11/2017).



Siapa pengganti Novanto, rapat pleno yang akan memutuskan. Nurdin tidak menyebut nama-nama calon ketua DPR dari Golkar, namun menegaskan 'antrean panjang' kader.

"Nanti kita bicarakan. Di Golkar banyak kader potensial, di DPR dan luar DPR. Karena di Golkar antrean panjang, begitu banyaknya kader," sambungnya.

Penarikan Novanto dari kursi ketua DPR disebut Nurdin terkait dengan perkara yang membelit Novanto. Novanto saat ini juga ditahan KPK karena kasus dugaan korupsi e-KTP.



Meski menarik Novanto, Golkar tetap mengedepankan asas praduga tak bersalah. Namun partai tetap memperhatikan kepentingan besar yang tak boleh terganggu salah satunya terkait jabatan ketua DPR.

"Mudah-mudahan teman-teman ini menyutujui untuk menarik dari Setya Novanto dari ketua DPR. Kalau sudah ada keputusan semua diserahkan kepada rapat pleno," katanya.
(fdn/elz)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed