DetikNews
Senin 20 November 2017, 17:38 WIB

Satgas Dapat 10 Ribu Laporan Penyalahgunaan Dana Desa

Bagus Prihantoro Nugroho - detikNews
Satgas Dapat 10 Ribu Laporan Penyalahgunaan Dana Desa Foto: Ketua Satgas Dana Desa Bibit Samad Rianto (Ari Saputra-detikcom)
Jakarta - Satgas Dana Desa melakukan diskusi dengan Kantor Staf Presiden (KSP). Ketua Satgas Dana Desa Bibit Samad Rianto kemudian mengungkap soal laporan penyalahgunaan dana desa yang masuk ke pihaknya.

"Sampai September kemarin ada 10 ribu (laporan). Yang lain hanya 'halo'. Itu kita hitung sebagai informasi masuk," kata Bibit usai pertemuan di kompleks Istana Negara, Jl Veteran, Jakarta Pusat, Senin (20/11/2017).

Namun laporan ini tak dibahas secara khusus dalam pertemuan tadi. Bibit hanya menyampaikan secara umum permasalahan krusial pengalokasian dana desa di lapangan.

Mengenai laporan, Bibit menyayangkan ketika pihak pelapor tak memberi informasi lebih lanjut soal penyalahgunaan yang dilaporkan. Menurut Bibit, banyak pelapor yang masih takut memberikan informasi detail.

"Biasanya mereka enggak mau ngomong. Kita akan lindungi pelapor. Kalau di KPK itu lindungi pelapor," kata mantan pimpinan KPK ini.

Bibit berharap KSP semakin paham soal potensi penyalahgunaan dana desa setelah diskusi ini. Selain penyalahgunaan dana, ada pula permasalahan lain.

"Misalnya ada keributan, kemudian ada berantem segala macam. Kan ada to rebutan jadi kepala desa. Jadi masalah-masalah yang meresahkan masyarakat itu supaya Kepala Staf Presiden lebih cepat tahu," kata Bibit.
(bag/nvl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed