DetikNews
Kamis 16 November 2017, 17:08 WIB

Forum Alumni Petisi Sampaikan Penolakan Reklamasi di Kampung Nelayan

Samsudhuha Wildansyah - detikNews
Forum Alumni Petisi Sampaikan Penolakan Reklamasi di Kampung Nelayan Deklarasi penolakan reklamasi Teluk Jakarta di Kampung Nelayan, Jakut (Foto: Samsudhuha Wildansyah/detikcom)
Jakarta - Forum Alumni Perguruan Tinggi Seluruh Indonesia (Petisi) menyampaikan penolakan keras atas proyek reklamasi. Mereka menolak proyek reklamasi yang dilakukan di seluruh Indonesia, khususnya di Jakarta.

"Melalui Forum Alumni Petisi tolak reklamasi ini, kami mendesak Presiden Joko Widodo agar segera membatalkan pencabutan moratorium reklamasi Teluk Jakarta oleh Menko Maritim. Petisi juga menyerukan pemerintah agar menghentikan pembangunan proyek yang masih berlangsung," kata Ketua Presidium Forum Petisi, Akhmad Syarbini, di TPI Kampung Nelayan, Penjaringan, Jakarta Utara, Kamis (16/11/2017).

Dia mengatakan forum ini sudah mengumpulkan sejumlah kajian ilmiah meliputi kajian teknik dan lingkungan, sosial ekonomi dan budaya, hukum dan keamanan nasional.


Nantinya hasil kajian tersebut akan segera diserahkan sebagai rekomendasi Petisi kepada Presiden RI, DPR RI, Pemprov DKI Jakarta, DPRD DKI, Kemenko Maritim, Kementrian Kelautan dan Perikanan, Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan sebagai langkah selanjutnya.

Forum Alumni Petisi Sampaikan Penolakan Reklamasi di Kampung NelayanFoto: Samsudhuha Wildansyah/detikcom

"Tugas ke masing-masing alumni perguruan tinggi seperti di ITB hari Sabtu lusa kita akan lakukan FGD khusus aspek teknik dan lingkungan. Kita akan mengkaji benar-benar apa dampak dan hal-hal yang merugikan dari reklamasi ini. Kemudian nanti dari UI akan membahas dari aspek hukum, kemudian dari UNPAD akan membahas dari politiknya. Yang paling penting, benar-benar pemerintah atau presiden untuk kita desak segera mengambil alih pemilikan reklamasi untuk diserahkan sepenuhnya ke masyarakat," kata Akhmad.

Forum Alumni Petisi Tolak Reklamasi yang tergabung dari para alumni ITB, UI, IPB, UNPAD, UNAND, UB, UNHAS, ITS, UGM, UNISBA, UII dan UNTAD. Petisi sengaja membacakan deklarasi di TPI Kampung Nelayan, Jakarta Utara karena menurutnya daerah ini adalah daerah yang paling banyak merasa dirugikan dari proyek reklamasi ini.


Mereka menyampaikan 9 poin hal mengenai penolakan reklamasi, yaitu:

1. Forum Alumni Tolak Reklamasi mengedepankan kepentingan rakyat dengan tegas menolak pelaksanaan reklamasi Teluk Jakarta.

2. Forum Alumni Petisi Tolak Reklamasi mendesak Presiden Republik Indonesia untuk membatalkan pencabutan Moratorium Reklamasi Teluk Jakarta.

3. Forum Alumni Petisi Tolak Reklamasi mendesak Presiden Republik Indonesia untuk menghentikan pelaksanaan proyek reklamasi Teluk Jakarta yang sampai saat ini masih berlangsung.

4. Forum Alumni Petisi Tolak Reklamasi mendesak Presiden Republik Indonesia dan institusi negara yang berwenang untuk mengusut secara tuntas dan menindak para pihak yang terlibat dalam proses perijinan pelaksanaan reklamasi, termasuk penerbitan Sertifikat Hak Guna Bangunan Pulau Reklamasi di Teluk Jakarta dan pencabutan moratorium reklamasi Teluk Jakarta.

5. Forum Alumni Petisi Tolak Reklamsi meminta Presiden Republik Indonesia memerintahkan institusi terkait untuk membatalkan Sertifikat Hak Guna Bangunan Pulau Reklamasi di Teluk Jakarta dan menetapkan pulau-pulau hasil reklamasi Teluk Jakarta yang sudah terlanjur dibangun agar dikuasai oleh negara dan digunakan sepenuhnya untuk kepentingan rakyat Indonesia.

Forum Alumni Petisi Sampaikan Penolakan Reklamasi di Kampung NelayanFoto: Samsudhuha Wildansyah/detikcom

6. Forum Alumni Petisi Tolak Reklamasi meminta Presiden Republik Indonesia untuk melakukan kajian secara mendalam peruntukan pulau-pulau hasil reklamasi Teluk Jakarta agar tidak merugikanbkepentingan rakyat banyak dan berdampak terhadap lingkungan dengan memperhatikan sepenuhnya amanat UUD 1945.

7. Forun Alumni Petisi Tolak Reklamasi menyatakan reklamasi Teluk Jakarta bukan lagi masalag DKI Jakarta semata, melainkan sudah menjadi masalah nasional yang harus segera diselesaikan.

8. Forum Alumni Petisi Tolak Reklamasi mengajak segenap alumni dan mahasiswa perguruan tinggi se-Indonesia serta elemen masyarakat lainnya untuk bersatupadu menolak reklamasi Teluk Jakarta.

9. Forum Alumni Petisi Tolak Reklamasi bersama masyarakat Indonesia bertekad mengawal dihentikannya proyek pembangunan reklamasi tersebut untuk selamanya.
(jbr/jbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed