DetikNews
Rabu 15 November 2017, 14:36 WIB

Anies Sebut Pengerukan Kali Krukut Efektif Cegah Banjir

Aditya Fajar Indrawan - detikNews
Anies Sebut Pengerukan Kali Krukut Efektif Cegah Banjir Ilustrasi pengerukan Kali Krukut (Foto: Agung Pambudhy-detikcom)
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan pengerukan Kali Krukut telah menunjukkan hasil yang signifikan. Kini ketinggian air di kali tersebut telah turun 2 meter dibanding 2 minggu lalu.

"Sekarang akan didalamkan dulu yang itu (Kali Krukut) saja, kemarin dikerjakan 10 hari lebih itu sudah lebih dalam 2 meter dan di tempat itu bisa kita lihat bekasnya air 2 minggu lalu dan air sekarang itu sudah jauh lebih rendah karena dikeruk," kata Anies di Balai Kota, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Rabu (15/11/2017).

Diakui Anies, dalam pengerukan Kali Krukut banyak tembok bangunan di sekitar kali yang terlalu mepet. Hal ini menyulitkan backhoe untuk melakukan pengerukan.

"Banyaknya bangunan di sekitar bantaran sungai yang menyulitkan alat-alat kita untuk masuk. Bahkan di situ ada satu tempat yang dibongkar temboknya supaya amphibi kita bisa masuk, karena kalau dikeruk sampai dalam tembok-tembok rumah yang mepet itu bisa runtuh," jelas Anies.




Anies juga memastikan seluruh instansi dan petugas lapangan DKI Jakarta telah siap siaga untuk merespons banjir. Anies tidak mentolerir adanya respon yang terlambat bagi warga.

"Seluruh jajaran harus dalam posisi responsif sehingga tidak ada situasi yang lambat direspon dan kita akan tegaskan bahwa bukan saja diapresiasi bila merespon cepat. Tapi akan ada teguran keras untuk semua yang tidak responsif dan lambat," tutup Anies.
(adf/rvk)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed