DetikNews
Rabu 15 November 2017, 12:23 WIB

Trotoar di Tanah Abang Disewakan, Sandi: Kami Tidak Tolerir Pungli

Aditya Fajar Indrawan - detikNews
Trotoar di Tanah Abang Disewakan, Sandi: Kami Tidak Tolerir Pungli Foto: Mochammad Zhacky/detikcom
Jakarta - Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno akan menelusuri informasi terkait trotoar di Tanah Abang yang disewakan ke pedagang. Sandiaga meminta Pemprov DKI Jakarta menertibkan pungutan-pungutan liar itu.

"Informasi itu sedang diklarifikasi oleh Pak Irwandi (Kadis UMKM). Tapi kami tidak mengutip sama sekali, Pemprov itu menata," kata Sandi usai menghadiri CENS UI di Birawa Assembly Hall Hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta, Rabu (15/11/2017).


Sandi menjelaskan Pemprov DKI Jakarta tidak melakukan pungutan atau retibusi dari trotoar jalan. "Tentunya kami ada UU tentang retribusi yang memang menjadi koridor bagi Pemprov dan bila ada pungutan di luar itu, menurut saya, kami harus sama-sama menertibkan itu. Kami juga minta kepada pedagang dan pengusaha mikro di sana, juga disiplin dan tidak mentolerir pungutan-pungutan liar," jelas Sandi.

Menurut Sandi, konsep penataan kawasan Tanah Abang akan merespons permasalahan yang terjadi antara pejalan kaki dan PKL.

"Itu yang akan menjadi konsep penataan ke depannya karena kami ingin pejalan kaki dimuliakan dan PKL-PKL yang mencari nafkah diberikan ruang. Konsepnya holistik, nanti akan diumumkan Pak Gubernur karena kami fokus jangka panjang, jangka menengah dengan sky bridge dan komperhensif," papar dia.
(adf/aan)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed