DetikNews
Rabu 08 November 2017, 23:30 WIB

Bermodal KTP, Sunarto Hendak Masuk ke Resepsi Kahiyang-Bobby

Ray Jordan - detikNews
Bermodal KTP, Sunarto Hendak Masuk ke Resepsi Kahiyang-Bobby Sunarto bermodal KTP hendak hadir ke resepsi Kahiyang. (Ray Jordan/detikcom)
FOKUS BERITA: Pernikahan Kahiyang Ayu
Solo - Syarat masuk ke gedung resepsi pernikahan putri Presiden Jokowi, Kahiyang Ayu, dengan Muhammad Bobby Afif Nasution adalah harus membawa undangan. Namun hal itu tidak diketahui salah seorang relawan Jokowi yang hendak hadir ke resepsi.

Sunarto mengaku sebagai salah seorang relawan Jokowi. Dia sengaja datang dari Tarakan, Kalimantan Utara, pada Minggu (5/11/2017) lalu dengan biaya sendiri untuk menghadiri pernikahan Kahiyang-Bobby.

"Datang ke sini tiga hari lalu, sendiri. Biaya sendiri. Atas inisiatif sendiri pakai pesawat," kata Sunarto saat ditemui di tengah antrean tamu undangan di gedung Graha Saba Buana, Kelurahan Sumber, Banjarsari, Solo, Jawa Tengah, Rabu (8/11).

Sunarto mengatakan, dari Tarakan, dirinya naik pesawat dan menuju Yogyakarta. Selanjutnya, dia naik bus menuju Solo.

"Saya sendiri. Tidak ada rombongan. Saya pertama lihat di media Jokowi mantu, terus inisiatif sendiri. Saya naik bus dari Yogya turun di Solo, ketemu bapak-bapak yang pakai seragam, kemudian diajak sama-sama," katanya.

Suasana resepsi Kahiyang-Bobby di Graha Saba BuanaSuasana resepsi Kahiyang-Bobby di Graha Saba Buana (Dok. CNN Indonesia TV)

Selanjutnya, kata Sunarto, dirinya diajak ke Asrama Haji Surakarta untuk menginap bersama relawan lain.

"Satu kamar isinya 10 orang. Kamarnya bagus, ukurannya tiga kamar jadi satulah. Ranjang 10, AC, dan kamar mandi 2," katanya.

Dikatakan Sunarto, selama di Solo, dia ikut dalam prosesi midodareni. Dilanjutkan dengan arak-arakan menjelang ijab-kabul.

"Nah, malam ini saya kepingin foto sama Pak Jokowi, ternyata ndak bisa. Pingin salaman juga, cuma kalau mau masuk harus pakai undangan. Saya pikir bisa kalau cuma pakai KTP," katanya.


Bahkan dia juga berpikir bisa masuk ke lokasi acara hanya dengan menunjukkan pin relawan yang dibagikan saat acara midodareni dan arak-arakan.

"Niatnya saya mau pakai KTP sama pin 'Misi Cinta Jokowi'. Kan relawan," katanya.

Meski tak bisa masuk, Sunarto mengaku tak berkecil hati. Dia hanya mendoakan agar Kahiyang dan Bobby bisa langgeng dan bahagia.

"Saya tidak merasa keberatan atau rugi, meski pakai uang sendiri. Karena saya bangga punya presiden Pak Jokowi yang betul-betul milik rakyat," katanya.


Untuk diketahui, biaya yang dikeluarkan Sunarto untuk datang ke acara pernikahan Kahiyang-Bobby ini tak kurang dari Rp 5 juta.

"Biaya yang dikeluarkan sekitar Rp 5 juta. Tiket pesawat sama makan. Makan dikasih gratis di asrama, hanya sarapan pagi. Makan siang dan malam saya sendiri. Tapi tidak masalah bagi saya, saya senang," kata pegawai BUMD di Kota Tarakan ini.

Rencananya, Sunarto akan kembali ke Tarakan pada Kamis (9/11) besok menggunakan pesawat terbang melalui Yogyakarta.
(jor/ams)
FOKUS BERITA: Pernikahan Kahiyang Ayu
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed