ADVERTISEMENT

Begini Aktivitas Warga di Kampung Akuarium yang akan Ditata Anies

Indra Komara - detikNews
Kamis, 02 Nov 2017 16:55 WIB
Suasana di Kampung Akuarium yang akan ditata ulang Anies Baswedan. (Indra Komara/detikcom)
Jakarta - Sejumlah warga Kampung Akuarium di Jakarta Utara antusias terhadap rencana penataan permukiman oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Begini aktivitas di permukiman itu.

detikcom menyambangi Kampung Akuarium di Penjaringan, Jakarta Utara, Kamis (2/11/2017), sejak pagi hingga sore. Kawasan ini dulu ditertibkan eks Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) karena disebut sebagai lahan negara.

Memasuki kawasan Kampung Akuarium, aroma dari limbah sampah begitu menyengat. Puing-puing bangunan bekas penertiban dulu juga masih berserakan di lokasi.

Tampak puluhan gubuk atau bedeng berdiri di atas lahan ini. Gubuk dan bedeng ini bermaterial kayu, tripleks, dan atap seadanya, dari terpal hingga seng berkarat.

Klik Video 20Detik: Menanti 'Sentuhan' Anies di Kampung Akuarium

Aktivitas warga Kampung Akuarium siang itu juga bermacam-macam. Ada yang menonton TV bareng hingga melakukan terapi bekam. Ada juga sejumlah warga yang berkumpul sambil mengobrol.
Suasana di Kampung Akuarium yang akan ditata ulang Anies BaswedanSuasana di Kampung Akuarium yang akan ditata ulang Anies Baswedan. (Indra Komara/detikcom)

Ada panggung kecil yang dibuat warga di tengah permukiman kumuh ini. Dedi (27), salah seorang warga yang tinggal di RT 012 RW 04, menjelaskan panggung yang juga disebut sebagai 'balai warga' ini dibuat selama 2 minggu. Fondasinya hanya ditopang tiang besi dan beralaskan karpet hitam.

"Biasanya dipakai buat anak-anak les. Sabtu sama Minggu biasanya," katanya. Di lokasi juga terlihat masih ada spanduk Anies-Sandiaga saat masa kampanye.

Masuk lebih dalam, terlihat beberapa tenda besar yang menjadi hunian warga selama satu tahun lebih. Tenda-tenda ini juga didirikan seadanya, dengan ditopang tali tambang. Alasnya dibuat seperti panggung dan hanya ditutupi karpet.

Yuk, Tonton Video 20Detik: Bang Anies akan Bangun Shelter di Kampung Akuarium

Suasana di Kampung Akuarium yang akan ditata ulang Anies BaswedanSuasana di Kampung Akuarium yang akan ditata ulang Anies Baswedan. (Indra Komara/detikcom)

"Iya, kalau nggak begitu banyak tikus," ujar Dedi.

Warga Kampung Akuarium juga memanfaatkan lahan kosong sebagai tempat usaha. Mulai dari jajanan hingga furnitur.

Saat ini hanya tersisa 2 RT yang masih bertahan di Kampung Akuarium, yakni dari RT 001 hingga RT 012 RW 04. Total ada 200 warga dengan 150 unit gubuk atau bedeng, termasuk 5 unit tenda besar.

Warga di Kampung Akuarium sudah mengetahui lokasi mereka akan ditata ulang oleh Anies. Mereka senang bakal ditempatkan di shelter hingga kampung ini selesai ditata nantinya. Apalagi status kependudukan mereka juga akan dibereskan.

"Dengan ada rencana pengaktifan identitas sudah buat kami bahagia, sudah membuat Pak Gubernur mengakui keberadaan kami. Dari pembentukan lagi RT/RW lagi, artinya wilayah kami ada lagi," ujar salah seorang warga, Diani (41).

Lihat Video 20Detik: Warga Kp. Akuarium Kembali Dirikan Bangunan Liar, Nantang Ahok?

Menurut Diani, Anies memang ingin warga Kampung Akuarium bisa kembali menempati lahan yang sebelumnya ditertibkan Ahok ini. Ahok dulu diketahui melakukan penertiban karena Kampung Akuarium menempati tanah negara.

"Begini lho, yang jadi tujuan Pak Anies, ini kan kampung kami digusur, dengan bahasa Ahok, ini tanah negara dan tidak diperbolehkan ada warga. Mau dibikin food court, dermaga, plaza, dan sebagainya. Jadi kami harus angkat kaki. Dianggap ini tanah negara. Hilang dong penduduknya," ujar Diani.

"Jadi Pak Anies ini pengen kampung ini kembali dan itu sama dengan keinginan kami," sambungnya. (hri/fjp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT