DetikNews
Rabu 01 November 2017, 20:24 WIB

Amdal Lalin Belum Selesai, Begini Macet Parah di Underpass Matraman

Ibnu Hariyanto - detikNews
Amdal Lalin Belum Selesai, Begini Macet Parah di Underpass Matraman Kondisi lalin di sekitar proyek underpass Matraman di jam pulang kerja, Rabu (1/11/2017) (Foto: Ibnu Hariyanto/detikcom)
Jakarta - Proyek underpass Matraman merupakan salah satu dari sepuluh proyek infrastruktur di DKI yang disebut tidak memilik kajian analisis mengenai dampak lingkungan dan lalu lintas (amdal lalin). Kemacetan pun kerap terjadi area proyek pembangunan tersebut.

Pantauan detikcom, Rabu (1/11/2017) sekitar pukul 18.50 WIB, telihat terjadi kemacetan di ruas Jalan Salemba menuju Jalan Matraman Raya. Terlihat kendaraan menumpuk ketika mendekat ke simpang Matraman.


Kemacetan tersebut terjadi karena kendaraan dari arah Salemba menuju Matraman harus bergantian dengan Bus TransJakarta yang melaju dari arah Jalan Pramuka menuju ke Manggarai.

Kepadatan kendaraan terjadi di sekitar proyek underpass MatramanKepadatan kendaraan terjadi di sekitar proyek underpass Matraman (Foto: Ibnu Hariyanto/detikcom)

Kemudian sejumlah kendaraan dari Jalan Pramuka yang menuju ke Matraman juga terpantau macet. Sebab kendaraan tersebut harus bergantian untuk melintas di Jalan Matraman Raya yang mengalami penyempitan.

Petugas pun mencoba mengurai kemacetan tersebut dengan melakukan rekayasa lalu lintas contraflow di Jalan Matraman Raya mengarah ke Salemba.


Sementara itu arus lalu lintas dari arah Matraman menuju Cikini terpantau ramai lancar. Kemudian untuk dari arah Salemba menuju Pramuka dialihkan melalui flyover Salemba.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menyebut ada 10 proyek infrastruktur di Jakarta tak memiliki tidak memiliki kajian amdal lalin. Akibatnya sering terjadi kemacetan di sekitar 10 proyek tersebut.

"Rapat koordinasi ini untuk membahas beberapa masalah yang urgen di Jakarta. Kita tahu ada kemacetan yang luar biasa di sekitar lokasi-lokasi pembangunan infrastruktur. Dalam pertemuan tadi terkemuka bahwa ada 10 titik pembangunan infrastruktur dan ternyata di 10 titik itu tidak pernah dilakukan amdal lalin," kata Anies di Balai Kota, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (1/11).
(ibh/jbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed