Pilgub Jatim 2018

Asosiasi Para Gus Dukung Gus Ipul, Anggota Asparagus Keberatan

Enggran Eko Budianto - detikNews
Rabu, 01 Nov 2017 15:20 WIB
Gus Hans (Enggran/detikcom)
Jombang - Asosiasi Para Gus (Asparagus) memberikan dukungan kepada pasangan Saifullah Yusuf (Gus Ipul)-Abdullah Azwar Anas di Pilgub Jatim 2018. Salah seorang anggota Aspirasi Para Gus (Asparagus) Zahrul Azhar menyatakan keberatan terkait pernyataan dukungan itu. Menurut dia, hal itu bertentangan dengan kesepakatan bersama.

"Kami ingin meluruskan bahwa Asparagus tidak memihak kepada calon mana pun, tapi menyerahkan kepada warga nahdliyin untuk memilih," kata pria yang akrab disapa Gus Hans itu kepada detikcom di Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum (Unipdu), Jombang, Rabu (1/11/2017).

Pada Selasa (31/10), para anggota Asosiasi Para Gus berkumpul dengan bakal calon Gubernur Jatim Gus Ipul di Ponpes Lirboyo, Kediri. Asparagus memberikan dukungan untuk Gus Ipul dan Azwar Anas sebagai cagub dan cawagub Jatim.


Gus Hans mengakui memang yang hadir di Ponpes Lirboyo kemarin adalah 70% dari 350-400 anggota Aspirasi Para Gus se-Jawa. Namun pernyataan dukungan yang dilontarkan.

"Karena komitmen di dalam kami, Asparagus harus mengayomi semuanya. Asparagus itu bukan wadah politik, tapi wadah aspirasi yang mengakrabkan semua keluarga duriyah pesantren. Kami sepakat di dalamnya tidak boleh membawa nama Asparagus dalam membuat pernyataan resmi dukung mendukung," terang putra Ketua Umum Ponpes Darul Ulum KH As'ad Umar ini.

Kendati begitu, pria yang saat ini menjabat Sekretaris Umum Yayasan Pesantren Tinggi Darul Ulum ini menambahkan para putra pengasuh pesantren yang biasa dipanggil 'Gus' mempunyai hak secara personal untuk mendukung pasangan calon di Pilgub Jatim tanpa membawa nama Asparagus.

"Asparagus bukan lembaga formal yang bisa dibawa untuk mendukung sana dan mendukung sini. Kalau personal silakan memilih (calon) manapun. Karena calonnya ada dua dari NU, maka kami mengarahkan kepada warga nahdliyin agar bagaimana caranya calonnya dari nahdliyin," tandasnya.


Gus Ipul, yang saat ini menjabat Wakil Gubernur Jatim, akan bersaing dengan Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa di Pilgub Jatim 2018. Kedua bakal calon gubernur ini merupakan kader NU.

Gus Ipul, yang berpasangan dengan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, diusung PDIP dan PKB. Sedangkan Khofifah, yang mendapat dukungan dari NasDem, Golkar, PPP, dan Demokrat, sampai saat ini belum menentukan pasangan. (tor/tor)