Dear Pengendara, Sistem Satu Arah di Melawai Berlaku 1 November

Mei Amelia R - detikNews
Selasa, 24 Okt 2017 10:06 WIB
Foto: Ilustrasi oleh Mindra Purnomo
Jakarta - Sistem Satu Arah (SSA) di Jalan Melawai, Kebayoran Baru, Jaksel mulai diuji coba. SSA di lokasi tersebut akan diberlakukan secara permanen mulai 1 November 2017.

"Uji coba sudah dimulai hari ini sampai 31 Oktober 2017, selanjutnya pemberlakuan SSA mulai 1 November 2017," ujar Kepala Suku Dinas Perhubungan Jakarta Selatan, Christianto, Selasa (24/10/2017).

Sebenarnya, sebagian Jl Melawai sudah diberlakukan satu arah. Namun sekarang, SSA diterapkan di sepanjang Jalan Melawai, mulai dari Taman Ayodya sampai dengan traffic light (TL) Monalisa.

Dari TL Monalisa ini nyambung ke TL PTIK, Jl Iskandarsyah yang sudah diberlakukan SSA sejak lama. Upaya ini dilakukan untuk mengurai kemacetan di sekitar lokasi, juga sebagai persiapan dalam Asian Games 2019, di mana Melawai akan dijadikan objek wisata kuliner dan perbelanjaan oleh-oleh bagi para atlet.

"Sebelumnya sudah disosialisasikan kepada masyarakat dengan memberikan liflet/brosur tentang SSA di Melawai ini, kepada masyarakat baik pengendara mobil, motor, angkutan umum maupun perkantoran serta gereja yang dilalui SSA," terangnya.

Untuk mendukung kegiatan SSA ini, Sudinhub Jaksel menurunkan 30 personel ditambah 10 polisi lalu lintas melakukan pengaturan lalu lintas. Uji coba rambu yang sudah terpasang ditutup, untuk sementara menggunakan rambu portable.

Berikut ini rekayasa lalu lintas di kawasan Melawai terkait dengan dilakukannya uji coba sistem satu arah tersebut.

A. Jl Melawai diberlakukan satu arah.

B. Kendaraan yang akan menuju Gandaria dari arah Jl Iskandarsyah Raya bisa melalui Jl Wijaya II-Jl Wijaya 13-Jl Barito II atay melalui Jl Trunojoyo-Jl Kiai Maja-Jl Baruto I.

C. Jl Iskandarsyah Raya, Jl Wijaya, Jl Barito I, Jl Barito II, Jl Panglima Polim Raya tetap berlaku dua arah.

D. Untuk angkutan umum Metromini S-69, S-70, S.71, S-74, S-611, dan Kopaja S-608, S-609, S-613 yang melewati Jl Melawai berputar melalui Jl Trunojoyo-Jl Kiai Maja.

E. Angkutan umum Metromini S-72 dan S-610 yang melewati Jl Melawai berputar melalui Jl Sultan Hasanudin-Jl Panglima Polim Raya. (mei/aan)