DetikNews
Senin 23 Oktober 2017, 10:48 WIB

Kapolda Metro: Rotator Mobil Patroli Wajib Dinyalakan

Mei Amelia R - detikNews
Kapolda Metro: Rotator Mobil Patroli Wajib Dinyalakan Foto: Kapolda Metro Jaya Irjen Idham (Mei-detikcom)
Jakarta - Kapolda Metro Jaya Irjen Idham Azis mengingatkan kepada jajaran untuk selalu menyalakan rotator saat melakukan patroli wilayah. Rotator dinyalakan untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat.

"Itu (menyalakan rotator) kan salah satu tindakan preemtif. Sehingga semua mobil patroli, Sabhara, lalu lintas, PAM Obvit harus dinyalakan rotatornya saat patroli itu," ujar Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Idham Azis di Jakarta, Senin (23/10/2017).

Menyalakan rotator menjadi salah satu tanda bahwa polisi hadir di tengah-tengah masyarakat untuk memberikan rasa aman. Polisi wajib memberikan perlindungan kepada masyarakat ketika di tengah patroli menemukan adanya gangguan kamtibmas.

"Misalnya perempuan pulang kerja malam, terus mau pulang ke Tangerang, di pertigaan Cikoko misalnya lihat ada rotator kan setidaknya orang langsung (berpikir) 'oh ada polisi' sebenarnya itu tujuannya. Itu bagian dari pada preemtif tadi," terangnya.




Di sisi lain, kehadiran polisi dengan melakukan patroli di lingkungan masyarakat sedikitnya dapat mengurangi niat pelaku kejahatan untuk melakukan kejahatannya.

"Sekaligus mengurangi niat jahat, kan kejahatan selalu berbanding lurus dengan niat dan kesempatan," imbuh Idham.

Lebih jauh, Idham juga mengimbau kepada jajaran untuk terus meningkatkan patroli terutama pada jam-jam rawan di titik-titik rawan. Selain patroli rutin, Polda Metro Jaya juga melakukan patroli skala besar dengan melibatkan unsur TNI dan Satpol PP guna memberikan rasa aman terhadap warga Jakarta dan sekitarnya.

"Patroli terus kita lakukan, mulai dari patroli skala kecil sampai skala besar kita lakukan untuk menciptakan situasi yang kondusif," ucap mantan Kadiv Propam Polri itu.
(mei/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed