DetikNews
Jumat 20 Oktober 2017, 18:42 WIB

Mendagri Instruksikan Tiap Daerah Buka Posko Pelayanan e-KTP

Hary Lukita Wardani - detikNews
Mendagri Instruksikan Tiap Daerah Buka Posko Pelayanan e-KTP Foto: Tjahjo Kumolo (Foto: Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Kemendagri dan Pemprov DKI hari ini membuka layanan perekaman e-KTP di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur. Mendagri Tjahjo Kumolo meminta semua daerah juga membuka layanan yang sama.

"Ya seharusnya di semua kabupaten kota harus membuka diri. Tapi disamping itu masyarakat harus proaktif," ujar Tjahjo di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Jumat (20/10/2017).

Tjahjo mengatakan posko blangko e-KTP di kantor pusat juga bisa dimanfaatkan. Ia menyebut hari Sabtu dan Minggu pun layanan perekaman e-KTP di posko tetap buka.

"Pusat kami buat posko. Kami juga punya blanko e-KTP yang ada di pusat, bisa dimanfaatkan oleh teman-teman, Sabtu- Minggupun buka," kata Tjahjo.

"Karena masih ada satu jutaan yang ganda. Ganda itu dia punya dua KTP, dia pindah alamat belum lapor, dia meningal dia masih punya nomer KTP-nya ya masih bertugas atau sekolah di luar negeri yang belum sempat urus," lanjutnya.



Tjahjo melakukan hal itu untuk mengejar target agar perekaman e- KTP selesai akhir tahun ini. Sehingga diharapkan e-KTP yang menjadi syarat sebagai basis data pemilih untuk Pemilu 2019 bisa digunakan sebagai identitas untuk memilih.

"Supaya akhir tahun selesai agar tidak menganggu data untuk pilkada dan Pileg, Pilpres, tahun depan," imbuhnya.


Tjahjo juga menuturkan untuk di daerah sudah diberikan instruksi terkait hal ini. Ia juga mengatakan masyarakat juga datang mengantre perekaman e-KTP mencapai ribuan perhari.

"Sudah (instruksi). Sabtu-Minggu kita minta buka gratis kita tergantung daerah juga. Semua sudah kita cek maka kami juga buka yang harusnya pusat nggak perlu cukup DKI tapi kita buka juga bahkan ribuan perhari yang dateng," tutupnya.



(lkw/ams)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed