DetikNews
Kamis 19 Oktober 2017, 10:19 WIB

Paket Berisi 15 Sumbu Detonator Ditemukan di Bandara Makassar

Muhammad Nur Abdurrahman - detikNews
Paket Berisi 15 Sumbu Detonator Ditemukan di Bandara Makassar Foto: Istimewa
Makassar - Petugas keamanan bandara Sultan Hasanuddin Makassar berhasil menggagalkan penyelundupan detonator bom yang hendak diantar ke Palu, Sulawesi Tengah, menggunakan kargo pesawat Lion Air JT 780.

Kabid Humas Polda Sulawesi Selatan, Kombes Dicky Sondani yang dikonfirmasi detikcom, Kamis (19/10), menyebutkan paket berisi 15 sumbu detonator tersebut dikirim dengan paket melalui jasa kurir yang diamankan petugas keamanan bandara bernama Arie di bagian regulated agent kargo bandara Sultan Hasanuddin pada Senin (16/10).

"Pengirim paket berisi sumbu tersebut dikirim seseorang bernama Merry, dari kota Malang, tujuannya ke kabupaten Toli-toli, Sulawesi Tengah, dengan nama penerima Slamet atau Megawati," tutur Dicky.

Terkait penemuan detonator tersebut, lanjut Dicky, petugas keamanan bandara langsung berkoordinasi dengan Polda Sulsel menurunkan petugas penjinak bom (Jibom) Gegana dan tim Labfor Polri, untuk mengamankan paket tersebut.

"Kami juga berkoordinasi dengan Polda Sulawesi Tengah untuk menyelidiki penerima paket tersebut," pungkas Dicky.

Kiriman paket detonator yang biasanya dijadikan sumbu pemicu bom ikan oleh nelayan ini, sebelumnya juga ditemukan petugas keamanan bandara Makassar pada 11 Juni lalu. Petugas keamanan di bagian RA kargo menemukan 5 bungkus paket berisi 500 detonator yang dikirim seorang warga Kab. Gowa, dengan tujuan Ketapang, Kalimantan Barat.
(mna/try)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed