DetikNews
Kamis 12 Oktober 2017, 12:57 WIB

Demokrat soal Densus Tipikor: Jangan Pick and Choose Kasus

Gibran Maulana Ibrahim - detikNews
Demokrat soal Densus Tipikor: Jangan Pick and Choose Kasus Didik Mukrianto (Gibran Maulana Ibrahim/detikcom)
Jakarta - Partai Demokrat memberi saran kepada Kapolri Jenderal Tito Karnavian tentang pembentukan Densus Tipikor dalam rapat bersama Komisi III DPR. Demokrat menyoroti soal pengusutan kasus.

Anggota Komisi III yang juga Sekretaris Fraksi Demokrat DPR, Didik Mukrianto, awalnya mengingatkan Kapolri soal tugas Densus Tipikor yang mesti menerapkan sistem pencegahan agar angka kasus korupsi dapat ditekan. Lalu, dia mengingatkan Densus Tipikor tak pilih-pilih kasus.

"Manajemen perkara, proses penanganan, dan juga hasilnya harus transparan, termasuk SOP harus transparan, sehingga tak ada tuduhan mengenai pick and choose. Densus Tipikor harus jadi role model. Saya ingin mendengar dari Kapolri mengenai konsepsi," ujar Didik di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (12/10/2017).


Didik lalu mengungkit KPK yang, menurutnya, dipercaya publik dengan mengacu pada pelaporan masyarakat tentang angka kasus korupsi yang sangat tinggi. Didik berharap Densus Tipikor dapat serupa dengan KPK.

"Apabila ke depan Densus Tipikor menemukan berbagai laporan masyarakat yang luar biasa, tentu mekanisme transparan menjadi penting," ucapnya.

Didik juga ingin Densus Tipikor tidak disalahgunakan oleh oknum. Jadi, kata Didik, Densus Tipikor ke depan harus mengedepankan transparansi.

"Tak memberi ruang oknum untuk tebang pilih laporan masyarakat. Itu jangan pick and choose dan yang bisa mengamankan itu adalah sistem," ucapnya.
(gbr/tor)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed