DetikNews
Senin 09 Oktober 2017, 13:34 WIB

Fadli Zon: 3 Tahun Jokowi-JK, Daya Beli Masyarakat Melemah

Hary Lukita Wardani - detikNews
Fadli Zon: 3 Tahun Jokowi-JK, Daya Beli Masyarakat Melemah Fadli Zon. Foto: Andika/detikcom
Jakarta - Partai Gerindra mengkritik tiga tahun kinerja Presiden Joko Widodo (Jokowi). Menurut Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon, saat ini rakyat masih banyak yang menderita.

"Namun kalau kita lihat hasilnya tiga tahun ini ya penderitaan rakyat makin besar," ujar Fadli Zon di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (9/10/2017).

Salah satunya daya jual beli yang saat ini melemah. Ia mengatakan, ini memang keadaan nyata di masyarakat.

"Semakin banyak kesulitan hidup yang dialami, kenaikan harga, daya beli lemah, kan itu bukan hoax dan juga kenyataan fakta di lapangan," kata Wakil Ketua DPR ini.

Sebelumnya Center for Strategic and International Studies (CSIS) kembali mensurvei tingkat kepuasan masyarakat terhadap pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wapres Jusuf Kalla (JK). Hasilnya, tingkat kepuasan masyarakat terhadap Jokowi-JK meningkat dari tahun ke tahun.

Survei CSIS untuk 2017 dilakukan pada 23-30 Agustus dengan 1.000 responden secara acak (probability sampling) dari 34 provinsi di Indonesia. Responden adalah masyarakat Indonesia yang sudah memiliki hak pilih. Margin of error dari survei ini sebesar 3,1 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

Selain itu ada pula lembaga survei KedaiKopi yang menyatakan dalam risetnya bahwa 55,7% warga puas akan kinerja Jokowi-JK. Meski demikian, ada pula yang mengeluhkan soal ekonomi.


(lkw/bag)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed