DetikNews
Jumat 06 Oktober 2017, 13:57 WIB

Polisi Pelajari Hasil Audit RS Mitra Keluarga soal Bayi Debora

Mei Amelia R - detikNews
Polisi Pelajari Hasil Audit RS Mitra Keluarga soal Bayi Debora Kombes Adi Deriyan (Kanavino/detikcom)
Jakarta - Polda Metro Jaya telah menerima hasil audit terhadap Rumah Sakit Mitra Keluarga terkait meninggalnya bayi Debora. Hasil audit ini akan dianalisis untuk mengetahui ada-tidaknya kelalaian dari rumah sakit terkait meninggalnya Debora.

Direktur Reskrimsus Polda Metro Jaya Kombes Adi Deriyan mengatakan ada dua audit yang diterima polisi berkaitan dengan RS Mitra Keluarga, yakni audit manajemen rumah sakit dan audit tindakan tenaga medis untuk melakukan tindakan kegawatdaruratan terhadap pasien Debora.

"Kemarin kita baru mendapatkan hasil audit dari Kementerian Kesehatan karena Kementerian Kesehatan telah melakukan hasil audit terkait dengan manajemen dan tenaga kemedisan," ujar Adi kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (6/10/2017).




Hasil audit tersebut masih didalami penyidik. Selanjutnya, polisi akan meminta keterangan kepada petugas yang melakukan audit tersebut berkaitan dengan hasilnya.

"Berdasarkan itu semua, nanti akan kita sandingkan dengan fakta peristiwa yang ada, apakah memang ada temuan kesalahan dalam penanganan atau kah kesalahan dalam kemanajemenan rumah sakit," jelas Adi.

Adi mengatakan dua hasil audit (terhadap manajemen dan tenaga medis) tersebut masih akan dianalisis.

"Hasil audit kemedisan kan banyak sekali menggunakan istilah kedokteran, penyidik juga harus bertanya apa itu istilah kedokteran tersebut. Misalnya, dia gunakan istilah kedokteran dalam kaidah menggunakan bahasa Indonesia itu apa tindakannya," paparnya.

Ia menambahkan audit itu dilakukan oleh Dinas Kesehatan dan Ikatan Dokter Indonesia (IDI). Ia belum memastikan apakah dari hasil audit itu ditemukan unsur kelalaian atau tidak.

"Nah ini yang akan kita mintai dari ahlinya untuk mengetahui apa hasil audit itu," tutur Adi.
(mei/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed