DetikNews
Selasa 03 Oktober 2017, 13:52 WIB

Setelah Divonis Mati, 2 Mobil Gembong Narkoba Ini Dirampas Negara

Andi Saputra - detikNews
Setelah Divonis Mati, 2 Mobil Gembong Narkoba Ini Dirampas Negara Ilustrasi (ari/detikcom)
Jakarta - Pengadilan Tinggi (PT) Banten merampas Toyota Fortuner dan Mistubishi Pajero milik M Adam untuk negara. M Adam terbukti mencuci uang dari hasil kejahatan 54 kg sabu.

M Adam dibekuk di kawasan Cikuasa Atas, Kelurahan Gerem, Kecamatan Grogol, Kota Cilegon, pada 17 Mei 2016. Dari penangkapan itu, aparat mengamankan 54 kg sabu dan 40 ribu pil ekstasi.

Atas perbuatannya, M Adam dihukum pidana mati pada Januari 2017. Mengantongi putusan hukuman mati itu, kejaksaan mendudukkan M Adam di kursi pesakitan lagi. Kali ini, M Adam dijerat dengan pasal pencucian uang karena diduga mencuci uang hasil penjualan narkoba.

Pada 13 Juli 2017, Pengadilan Negeri (PN) Serang menjatuhkan hukuman 2,5 tahun kepada M Adam dalam kasus pencucian uang itu. Atas vonis itu, jaksa dan M Adam sama-sama mengajukan banding.

"Menyatakan terdakwa telah terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana pencucian uang. Menjatuhkan pidana terhadap terdakwa tersebut dengan pidana penjara selama nihil," kata majelis sebagaimana dilansir website MA, Selasa (3/10/2017).

Vonis nihil itu dijatuhkan majelis hakim Abdul Hamid Pattiradja, Agus Herjono, dan Chrisno Rampalodji. Vonis nihil dijatuhkan karena Adam sudah mengantongi hukuman mati dan sudah maksimal, sehingga hukuman lainnya tidak diperlukan lagi. Selain itu, PT Banten merampas aset M Adam untuk negara, yaitu:


1. Satu unit mobil Fortuner berwarna abu-abu metalik nopol B-1704-UJF.
2. Satu unit mobil Mitsubishi Pajero warna putih metalik nopol B-711-DTO.
3. Uang yang terdapat dalam rekening sebesar Rp 554 juta serta pecahan sejumlah uang ringgit.
(asp/rvk)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed