DetikNews
Senin 02 Oktober 2017, 19:38 WIB

Top 5 News

Semarak Hari Batik Nasional, iPhone 8 Plus Meledak

Niken Widya Yunita - detikNews
Semarak Hari Batik Nasional, iPhone 8 Plus Meledak Foto: 20 Detik
Jakarta - Top 5 News kembali hadir menyajikan berita menarik dan hangat. Berita pertama dari calon praja IPDN Dea Rahma Amanda yang meninggal saat mengikuti latihan lari.

Dari dunia bisnis, ada berita surat bos Freeport Richard Adkerson tentang penolakan Freeport atas pengajuan skema divestasi yang ditawarkan oleh pemerintah. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan membenarkan surat tersebut dan akan berangkat ke Amerika Serikat untuk membicarakan itu.

Kemudian dari teknologi, iPhone 8 Plus dilaporkan meledak di Taiwan. Smartphone anyar tersebut dilaporkan meledak saat sedang diisi ulang.

Berikut Top 5 News edisi Senin (2/10/2017) yang dirangkum detikcom:

[Gambas:Video 20detik]



1. Calon Praja IPDN Meninggal

Calon praja IPDN angkatan 2017 Dea Rahma Amanda (17) meninggal dunia pada Minggu (1/10/2017). Dia meninggal saat mengikuti latihan lari saat mengikuti Pendidikan Dasar Mental Disiplin Praja (Diksarmendispra) di Akpol Semarang.

Dea sempat mengeluh sesak nafas kepada temannya. Selain itu tekanan darah ketika penerimaan IPDN juga cukup tinggi. Padahal hasil tes kesehatan Dea dinyatakan baik sebelum mengikuti Diksarmendispra.

Keluarga memutuskan menerima dan tidak dilakukan autopsi pada jenazah Dea. Karena itu polisi juga tidak melakukan penyelidikan atas tewasnya Dea.

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menyampaikan belasungkawa atas meninggalnya Dea. Dia akan memberikan penghargaan atas prestasi Dea selama mengikuti pelatihan. Berita selengkapnya bisa disimak di sini: Duka IPDN Atas Meninggalnya Calon Praja Dea Rahma Amanda

2. Surat Sri Mulyani dan Bos Freeport Kok Bisa Bocor?

Dua surat membuat heboh dalam pekan yang sama. Surat tersebut yakni surat Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati soal kondisi keuangan PT PLN (Persero).

Surat Sri Mulyani ditujukan kepada Menteri ESDM Ignasius Jonan dan Menteri BUMN Rini Soemarno. Surat ini telah terkonfirmasi kebenarannya, meskipun kemudian pihak Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengaku kecolongan dan menyesalkan perihal tersebut. Sri Mulyani berulang kali berdasarkan pantauan detikFinance tampak menghindari para wartawan.

Surat kedua dari CEO Freeport McMoRan Inc, Richard Adkerson tertanggal 28 September 2017 berisikan tentang penolakan Freeport atas pengajuan skema divestasi 51% yang ditawarkan oleh pemerintah. Surat itu ditujukan kepada Sekretaris Jenderal Kemenkeu Hadiyanto. Namun Hadiyanto mengaku belum menerima surat tersebut.

Jonan, Rini dan Sri Mulyani sama-sama irit bicara mengenai hal itu. Namun Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan membenarkan surat tersebut. Sementara pihak Freeport di Indonesia tampak tidak berani memberikan pernyataan. Lalu kedua surat tersebut Kok bisa bocor? Baca selengkapnya di sini: Soal Surat Bos Besar Freeport dan Sri Mulyani, Kok Bisa Bocor?


3. iPhone 8 Plus Meledak

iPhone 8 plus dikabarkan meledak saat di-charge pada (26/9/2017). Kejadian tersebut menimpa seorang penggunanya, Wu yang berasal dari Taiwan.

Wu mengaku mengisi ulang baterai ponsel anyarnya itu menggunakan charger resmi Apple. Kondisi baterai saat di-charge masih 70% terisi dan setelah tiga menit diisi ulang, tiba-tiba iPhonenya meledak, seperti dilansir dari Cnbeta.

Laporan yang muncul menyebut jika iPhone tersebut sudah dikembalikan ke Apple sebagai bagian dari investigasi rutin.

Selain meledak, pengguna iPhone 8 Plus asal Jepang menunjukkan layar ponsel anyarnya itu terlepas dari bodi belakangnya. Hal ini diperkirakan terjadi karena penyebab yang sama dengan kasus di Taiwan, yaitu baterai yang mengembang, meski tak sampai meledak. Berita selengkapnya bisa dilihat di: Apple Selidiki iPhone 8 Plus yang Meledak

4. Semarak Hari Batik

2 Oktober diperingati sebagai Hari Batik Nasional. Semua lapisan masyarakat dianjurkan mengenakan batik setiap tanggal tersebut.

Masyarakat mulai dari pegawai swasta, pemerintah hingga Presiden Jokowi dan Wapres Jusuf Kalla juga mengenakan batik.

Jika mengenakan batik, masyarakat bisa mendapatkan promo dari berbagai gerai makanan. Beberapa brand dan departemen store memberikan diskon dan promo khusus pada hari ini.

Apakah Anda juga mengenakan batik? Baca selengkapnya di: Antusiasme Warga Peringati Hari Batik Nasional

5. CCTV Bersuara di Jalan Thamrin Tegur Pemotor Bandel

Dinas Perhubungan DKI Jakarta menerapkan uji coba 'CCTV bersuara' di persimpangan MH Thamrin, Kebon Sirih, Jakarta Pusat. Petugas yang memantau persimpangan tersebut akan menegur pengguna jalan yang membandel di kawasan tersebut.

Ada empat buah CCTV PTZ (Pan-Tilt-Zoom) di setiap ruas jalan persimpangan tersebut. Ada pula dua pengeras suara di bagian tengah persimpangan yang menempel di tiang lampu jalan.

Suara dari CCTV tersebut berasal dari sebuah ruangan bernama NOC (Network Operation Center) di UP SPLL Dishub DKI, Jalan Abdul Muis, Jakarta Pusat.

Saat ada seorang pemotor menggunakan jaket berwarna merah melewati garis marka, seorang petugas operator mengeklik tombol play yang ada di sistem untuk memberi teguran. Berita selengkapnya bisa dibaca di sini: CCTV Bersuara Diprioritaskan di Jalan Protokol Ibu Kota
(nwy/ega)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed