DetikNews
Senin 02 Oktober 2017, 14:41 WIB

Polsek Sidemen Ajak Pengungsi Tetap Produktif Membuat Kerajinan

Prins David Saut - detikNews
Polsek Sidemen Ajak Pengungsi Tetap Produktif Membuat Kerajinan Foto: Pengungsi Gunung Agung di Sidemen, Karangasem, membuat kerajinan besek. Prins David Saut/detikcom
Karangasem - Sudah 10 hari Gunung Agung berstatus awas sehingga pengungsi mulai merasakan kejenuhan. Untuk mengakali hal tersebut, jajaran Polsek Sidemen mengajak para pengungsi untuk tetap produktif.

"Setelah mendapat arahan dari Kapolres Karangasem (AKBP I Wayan Gede Ardana), agar tiap Polsek di Karangasem membuat kegiatan bermanfaat bagi pengungsi sehingga Polsek Sidemen mengajak dan mendukung pengungsi membuat kerajinan besek guna mengisi waktu luang," kata Kapolsek Sidemen AKP I Gede Suarmawa kepada detikcom, Senin (2/10/2017).



Kegiatan itu digelar di Pos Pengungsian Pasar Sinduwati, Sidemen, Karangasem. Beberapa anggota Polsek Sidemen juga mendampingi pengungsi untuk membuat besek dari bahan kulit bambu.

"Diharapkan kegiatan ini bisa menghilangkan jenuh dan membantu perekonomian pengungsi. Kami mengajak pengungsi beraktivitas membuat kerajinan besek karena kebanyak pengungsi berusia produktif dan kebetulan keseharian mereka adalah pengrajin besek," ujar Suarmawa.


Suarmawa menjelaskan para pengungsi bisa menghasilkan Rp 3.000 per besek yang mereka buat. Oleh karena itu, para pengungsi tidak akan merasa jenuh dan tetap mampu memutar roda perekonomiannya, ditambah Sidemen adalah desa wisata yang berada di luar zona bahaya.

"Setiap harinya per orang pengungsi bisa menghasilkan 4 buah besek yang dijual Rp 3.000 per besek. Setidaknya dapat membantu perekonomian pengungsi," ucap Suarmawa.

Salah satu pengungsi, Jro Muspa (58) sangat antusias membuat besek tersebut. Ia bersyukur masih bisa tetap bekerja walau mengungsi dan entah sampai kapan tidak berada di rumah sendiri.

"Saya senang sekali, Polsek Sidemen membantu membuat pengungsi tetap produktif di tengah kebingungan menghadapi situasi Gunung Agung," ungkap Jro.
(vid/aan)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed