DetikNews
Sabtu 30 September 2017, 19:38 WIB

Top 5 News

Jonru Dijebloskan ke Sel, Salah Kaprah Tugu Tani

Niken Widya Yunita - detikNews
Jonru Dijebloskan ke Sel, Salah Kaprah Tugu Tani Foto: 20 Detik
Jakarta - Berita Top 5 News kali ini menampilkan artikel-artikel menarik. Mulai dari tersangka ujaran kebencian Jonru F Ginting. Dia ditahan polisi di Polda Metro Jaya.

Dari peringatan G30S/PKI, Presiden Jokowi nonton bareng (nobar) warga film pengkhianatan PKI di Markas Korem 061/Suryakancana Bogor, dini hari tadi. Selang beberapa menit hadir Panglima TNI Gatot Nurmantyo.

Kemudian ada anak anggota DPR Venna Melinda, Athalla Naufal kecelakaan mobil pada Jumat (29/9) malam. Athalla tidak mengalami luka parah namun mobilnya hancur dari berbagai sisi.

Sedangkan dari dunia perfilman, ada film horor 'It' yang menjadi film horor terlaris sepanjang masa. detikcom merangkumnya dalam Top 5 news edisi Sabtu (30/9/2017):

[Gambas:Video 20detik]


1. Jonru Dijebloskan ke Sel

Polda Metro Jaya menahan tersangka ujaran kebencian Jonru F Ginting. Penahanan dilakukan setelah Jonru diperiksa.

Jonru ditahan agar tidak menghilangkan barang bukti dan melarikan diri. Dia ditahan sejak pukul 00.30 WIB dini hari tadi. Dia ditetapkan sebagai tersangka ujaran kebencian pada Jumat (29/9/2017).

Sementara itu pihak kuasa hukum berniat mengajukan praperadilan. Kuasa hukum Jonru, Juju Purwantoro menilai ada kejanggalan dalam proses penahanan Jonru.

Jonru jadi tersangka setelah diadukan terkait dengan status Facebook yang dianggap menghina Joko Widodo. Berita selengkapnya bisa dilihat di Polda Metro Jaya Persilakan Jonru Ajukan Praperadilan

2. Jokowi Bareng Panglima Nobar Film G30S/PKI

Presiden Jokowi nonton bareng (nobar) film pengkhianatan PKI bersama warga dan TNI di Markas Korem 061/Suryakancana Bogor, dini hari tadi. Selang beberapa jam film diputar, Panglima TNI Jendral Gatot Nurmantyo datang ikut nobar bersama Jokowi.

Gatot datang telat karena usai menonton pagelaran wayang kulit di kawasan Kota Tua, Jakarta Barat. Gatot sebelumnya telah menginstruksikan jajarannya menggelar nobar film G30S/PKI.

PDIP memandang Gatot sedang bermain politik dengan mengeluarkan instruksi itu. Namun Gatot mengaku tidak mau berpolemik atas hal itu. Menurutnya nobar tersebut sebagai upaya meluruskan sejarah.

Untuk lebih lengkapnya lihat artikel di sini: Usai Nobar Film G30S/PKI, Jokowi dan Panglima Sapa Warga

3. Salah Kaprah Tugu Tani

Para peserta aksi 299 memprotes keberadaan Patung Tugu Tani, karena dinilai sebagai simbol komunis. Peserta kemudian berdemo di sekitaran patung yang terletak di Jalan Menteng Raya ini, Jumat (29/9/2017).

Salah seorang pendemo, Rahmat mentakan, apabila tani yang dimaksud benar-benar petani maka seharusnya membawa cangkul, bukan senjata.

Namun sejarawan LIPI, Asvi Marwan Adam, menyatakan patung tersebut tak ada kaitannya sama sekali dengan komunis. Patung ini ternyata bercerita tentang pembebasan Irian Barat.

Patung tersebut adalah sosok perjuangan militer dan rakyat dalam mempertahankan Irian Barat atau yang sekarang dikenal dengan Provinsi Papua dan Papua Barat. Berita selengkapnya bisa dilihat di Tugu Tani Bukan Simbol Komunis Tapi Perjuangan Irian Barat:

4. Anak Anggota DPR Venna Melinda Kecelakaan

Anak anggota DPR Venna Melinda, Athalla Naufal kecelakaan mobil pada Jumat (29/9) malam. Athalla kecelakaan mobil lantaran kelelahan usai pulang sekolah, lalu berkunjung ke toko kue kakaknya, aktor Verrell Bramasta.

Athalla disebut tak dirawat di rumah sakit karena kecelakaan itu. Meski demikian, mobil Mazda RX-8 yang ditumpani Athalla hancur dari berbagai sisi, yakni depan, belakang, dan samping.

Athalla memperlihatkan foto mobilnya yang hancur tersebut dari Instagramnya. Di sana, dia pun menyampaikan rasa syukurnya telah selamat dari kecelakaan yang menimpanya.

Kekasih pemain sinetron Yoriko Angeline ini merasa telah diberikan kehidupan kedua oleh Tuhan. Berita selengkapnya disimak di sini: Putra Venna Melinda Kecelakaan, Mobilnya Hancur Berantakan

5. 'It' Film Horor Terlaris

Film 'It' mampu membukukan satu rekor baru yakni sebagai film horor terlaris sepanjang sejarah perfilman Hollywood. Film karya Stephen King itu mendepak 'The Exorcist' yang sudah memegang rekor ini selama 44 tahun.

Warner Bros mengumumkan film tersebut berhasil melewati angka US$ 500 juta di box office global. Mereka resmi mengalahkan pendapatan US4 441 juta milik 'The Exorcist'.

Keberhasilan itu langsung disambut baik oleh studio di belakang film tersebut, Nex Line Cinema. Mereka langsung cepat berencana membuat sekuel yang rencananya dirilis September 2019.

'It' menceritakan tentang sosok mengerikan Pennywise yang bersembunyi di selokan dan mengambil perahu kertas Georgie yang terbawa arus. Pennywise pada awalnya tampak ramah. Tapi keramahan itu terasa janggal.

Georgie yang masih anak-anak pun tidak terlalu menyadari kejanggalan itu. Dia berusaha meraih perahu kertas yang disodorkan oleh Pennywise. Seketika Pennywise The Dancing Clown pun menunjukkan sosok dirinya yang mengerikan. Saksikan selengkapnya di 'It' Jadi Film Terlaris
(nwy/ega)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed