DetikNews
Jumat 29 September 2017, 19:15 WIB

Top 5 News

Novanto Menang Praperadilan, Jonru Jadi Tersangka

Mega Putra Ratya - detikNews
Novanto Menang Praperadilan, Jonru Jadi Tersangka Foto: 20 Detik
Jakarta - Petang ini ada berita besar datang dari ranah hukum. Hakim mengabulkan permohonan praperadilan Setya Novanto dan menggugurkan status tersangkanya di KPK.

Dari dunia ekonomi, ada kabar gembira soal rencana operasional Jalan Tol Becakayu yang telah mangkrak selama 22 tahun. Sedangkan dari dunia gadget, para pengguna setia Samsung mulai antre untuk mendapatkan ponsel termahal asal Negeri Ginseng.

Berikut ini Top 5 News, Jumat, 29 September 2017, seperti dirangkum detikcom:

[Gambas:Video 20detik]




1. Novanto Menang Praperadilan

Hakim tunggal Cepi Iskandar mengabulkan permohonan praperadilan Setya Novanto. Status tersangka yang disandang Novanto di KPK pun digugurkan.

Cepi menilai penetapan tersangka harus dilakukan pada akhir tahap penyidikan suatu perkara. Hal itu harus dilakukan untuk menjaga harkat dan martabat seseorang. Selain itu, Cepi mengatakan bukti yang digunakan dalam perkara sebelumnya tidak bisa digunakan untuk menangani perkara selanjutnya.

Selengkapnya baca: Status Tersangka Novanto Dinyatakan Tak Sah

2. Aksi Tolak PKI & Perppu Ormas

Massa menggelar Aksi 299 di depan gedung DPR. Dua isu yang mereka tuntut adalah menolak Perppu 2/2017 tentang Ormas serta menolak kebangkitan PKI.

Mereka mengawali aksinya dengan menggelar salat Jumat di gedung MPR/DPR. Massa yang mengikuti salat Jumat membeludak hingga berada di luar gerbang.

Perwakilan massa lalu menemui pimpinan DPR di gedung Nusantara III. Mereka diterima Wakil Ketua DPR Fadli Zon dan Agus Hermanto.

Simak : Aksi 299 di Depan Gedung DPR

3. Jonru Tersangka Ujaran Kebencian

Polisi menetapkan Jonru F Ginting sebagai tersangka dugaan kasus ujaran kebencian. Jonru masih menjalani pemeriksaan intensif sebagai tersangka di Polda Metro Jaya.

Penyidik Subdit Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Metro Jaya langsung menggeledah rumah Jonru. Sejumlah barang bukti disita, di antaranya buku '212' dan laptop.

Baca: Buku 212 hingga Laptop Disita Polisi

4. Tol Becakayu Beroperasi Pekan Depan

Jalan Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu) seksi 1b dan 1c sepanjang 8 km segera beroperasi pada Oktober mendatang. Saat ini progres konstruksi seksi 1b dan 1c yang menyambungkan Universitas Borobudur, Jakarta Timur, hingga perempatan Jakasampurna itu telah mencapai 95,15% dengan pengadaan tanah 92,91%.

Proyek jalan tol ini sudah berjalan sejak 1995 pada era Presiden Soeharto. Pembangunan Jalan Tol Becakayu kembali dilanjutkan pada Januari 2015 setelah mangkrak sejak 1998.

Baca: Beroperasi Setelah Mangkrak 22 Tahun

5. Antre Ponsel Termahal Samsung

Suasana atrium utama Lotte Shopping Avenue di Jakarta tampak tak biasa. Puluhan orang terlihat antre di sana.

Rupanya mereka tengah menanti penjualan perdana Galaxy Note 8. Sejumlah pengantre bahkan rela datang sejak pagi menyambangi mal yang berlokasi di Jakarta Selatan itu.

Galaxy Note 8 dibanderol Rp 12,999 juta. Phablet ini hadir dalam pilihan warna midnight black, orchid grey, dan maple gold.

Baca: Toko Samsung Terbesar di Asia Tenggara Ada di Jakarta
(ega/a2s)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed