DetikNews
Senin 25 September 2017, 23:06 WIB

Updated

Aspal Taxiway Bandara Makassar Amblas, Sempat Sebabkan Delay

Muhammad Nur Abdurrahman - detikNews
Aspal Taxiway Bandara Makassar Amblas, Sempat Sebabkan Delay Aspal runway Bandara Makassar amblas yang menyebabkan pesawat delay. (Dok Istimewa).
Makassar - Aspal jalur pesawat atau taxiway (sebelumnya disebut runway) Bandara Internasional Sultan Hasanuddin di Makassar amblas hingga mengalami penurunan sekitar 7 sentimeter. Akibatnya, sejumlah penerbangan dari Makassar tertunda.

Pejabat Humas Angkasa Pura I Bandara Sultan Hasanuddin Makassar Turah Ajiari menyebutkan pesawat Sriwijaya Air SJ593 Boeing 738-800 tujuan Makassar-Jakarta sekitar pukul 15.20 Wita delay akibat adanya penurunan aspal di area taxiway.

"Kejadian ini mengakibatkan antrean pesawat yang akan take off di taxiway menunggu lebih lama di taxiway WP," ujar Turah dalam keterangannya, Senin (25/9/2017).

Aspal Runaway Bandara Makassar Amblas, Sempat Sebabkan DelayAspal runway Bandara Makassar amblas yang menyebabkan pesawat delay. (Dok Istimewa)

Saat terjadi amblasnya aspal jalur menuju runway, pilot pesawat yang mengangkut 184 penumpang dan 8 kru pesawat SJ593 terpaksa ditarik menggunakan towing tractor. Setelah berhasil ditarik sekitar satu jam setelahnya, pada pukul 16.39 Wita, pesawat SJ593 berhasil lepas landas menuju Bandara Soekarno-Hatta di Cengkareng.

Pesawat lain yang mengalami delay akibat peristiwa ini adalah Garuda GIA 660 tujuan Makassar-Mamuju. Kemudian Sriwijaya SJY 563 tujuan Makassar-Surabaya dan pesawat Lion Air WJ 1304 tujuan Makassar-Mamuju.

Turah menyebutkan pihaknya masih menginvestigasi penyebab turunnya aspal di sekitar landas pacu yang menghambat proses lepas landas pesawat yang dipiloti Capt Sugih itu.
(mna/elz)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed