DetikNews
Selasa 19 September 2017, 17:16 WIB

Kooperatif, Eko Prabowo Pengedit Foto Jokowi-Mega Tidak Ditahan

Audrey Santoso - detikNews
Kooperatif, Eko Prabowo Pengedit Foto Jokowi-Mega Tidak Ditahan Eko Prabowo ditangkap karena mengedit foto Jokowi dan Megawati. (Situs Polri)
Jakarta - Polisi tak menahan Eko Prabowo (35), petugas satpam yang ditangkap karena membuat rekayasa foto tak senonoh Presiden Jokowi dengan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri. Polisi beralasan Eko bersikap kooperatif sehingga tak ditahan.

"Yang bersangkutan setelah diperiksa tidak dilakukan penahanan dengan pertimbangan kooperatif dalam pemeriksaan," jelas Karo Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Rikwanto ketika dimintai konfirmasi detikcom, Selasa (19/9/2017).



Meski tak ditahan, Rikwanto mengatakan Eko dikenai wajib lapor. Rikwanto menambahkan berkas perkara Eko tetap akan diproses hingga ke tingkat kejaksaan.

"Tetap dikenakan wajib lapor. Berkasnya juga tetap kami proses sampai ke JPU (jaksa penuntut umum)," ujar Rikwanto.

Eko mengunggah foto rekayasa itu pada 2014. Karena mendapat respons kecam dari netizen, Eko pun meminta maaf secara terbuka di media sosialnya.



Namun foto rekayasa yang dibuat Eko telanjur tersebar di media sosial karena diunggah kembali oleh netizen lainnya. Polisi menangkap Eko pada Kamis (14/9) pekan lalu karena perannya sebagai sumber konten tersebut. Eko dijerat dengan Pasal 27 ayat 1 juncto 45B Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).
(aud/imk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed