DetikNews
Minggu 17 September 2017, 09:45 WIB

Bawa Sapu Lidi, 'Saberman' Siap Sosialisasi Saber Pungli

Cici Marlina Rahayu - detikNews
Bawa Sapu Lidi, Saberman Siap Sosialisasi Saber Pungli Saberman (Foto: Cici Marlina Rahayu/detikcom)
Jakarta - Satuan Petugas Pungutan Liar (Satgas Pungli) yang dibawahi Kemenko Polhukam melakukan peluncuran maskot Satgas Saber Pungli bernama 'Saberman'. Hal ini dilakukan guna mensosialisasikan kepada masyarakat pentingnya menumpas pungli.

"Kita lakukan fungsi pencegahan, dan penindakan. Ini salah satu sosialisasi ke masyarakat. Dari Oktober 2016 kita sudah sosialisasi ke daerah, ke kementerian, lembaga, dan komunitas masyarakat termasuk intelektual, tokoh masyarakat, tokoh agama, serta sosmed," kata Kasatgas Saber Pungli, Komjen Dwi Priyatno, saat ditemui di Area CFD, Jalan Pintu Satu Senayan, Jakarta Selatan, Minggu (17/9/2017).

Satgas Saber Pungli luncurkan Saberman / Satgas Saber Pungli luncurkan Saberman / Foto: Cici Marlina Rahayu/detikcom


Dwi mengatakan pengadaan maskot 'Saberman' sebagai figur untuk bisa dijadikan contoh. Saberman sendiri, adalah pria superhero yang mengenakan topeng berwarna abu-abu, mengenakan ikat pinggang berwarna hijau, memakai sayap oranye dengan motif kotak, hingga membawa sapu sebagai alat peraga.

"Kan kita ada tindakan kewenangan pencegahan dan penindakan 'Saberman' jadi tokoh. Di daerah ada unit kewenangan, kalau anda masih melakukan pungli nanti ditindak, dia (Saberman) juga bisa jadi sahabat buat tidak pungli," kata Dwi.

Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2016, mengatur terkait satgas saber pungli. Tujuannya untuk meningkatkan efektivitas pemberantasan terhadap pungli.

"Sesuai dengan Perpres saber pungli, orang kalau nyapu harus bersih, logika ada vacuum cleaner tapi tidak bagus, sapu kan lebih mudah, lebih bersih," jelasnya.

Dalam acara ini turut hadir Komisioner Komisi Perlindungan Anak (KPAI) Bidang Pendidikan Retno Listyarti, Artis Senior Mona Ratuliu dan Maudy Koesnaedi.
(cim/imk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed