DetikNews
Kamis 14 September 2017, 15:31 WIB

Tambahan Anggaran Kemenag karena Visa Petugas Haji Tak Lagi Gratis

Hary Lukita Wardani - detikNews
Tambahan Anggaran Kemenag karena Visa Petugas Haji Tak Lagi Gratis Visa petugas haji tak lagi gratis tahun depan. (Triono Wahyu Sudibyo/detikcom)
Jakarta - Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin meminta tambahan anggaran untuk Kementerian Agama pada 2018 sebesar Rp 5,964 triliun. Salah satu pertimbangannya adalah visa petugas haji tidak lagi gratis.

"Penyelenggaraan haji dan umrah tambahannya Rp 542 miliar. Untuk penyiapan dokumen, perlengkapan haji, pelatihan, dan pembekalan petugas kloter, uang saku petugas kloter, honorarium tenaga musiman, visa petugas haji, karena ada kebijakan harus membayar, tidak lagi gratis," ujar Lukman di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (14/9/2017).

Lukman menjelaskan kebijakan ini berlaku untuk petugas yang sudah pernah pergi haji. Sebelumnya, visa bagi petugas haji bebas biaya. Perubahan kebijakan ini pun mempengaruhi anggaran.


"Iya, ada ketentuan yang baru yang diberlakukan pemerintah Saudi Arabia bahwa khusus petugas yang sudah pernah berhaji, maka visanya itu akan dikenakan charge (biaya), ada tarif tertentu bagi mereka yang sudah pernah berhaji," jelas Lukman.

Ia tidak merinci dana yang dibutuhkan khusus untuk biaya visa petugas haji, namun biaya tersebut ditanggung oleh pemerintah. Selain itu, penambahan anggaran ini untuk mengantisipasi penambahan petugas tahun depan.

"Tentu ini juga dalam rangka untuk antisipasi penambahan petugas di tahun yang akan datang. Tentu kalau petugas itu biaya negara ya," tuturnya.
(lkw/jbr)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed