DetikNews
Rabu 13 September 2017, 20:19 WIB

Soal Aturan Wajib Punya Garasi, Ini Kata Dirlantas Polda Metro

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Soal Aturan Wajib Punya Garasi, Ini Kata Dirlantas Polda Metro Mobil parkir liar di bahu jalan karena tidak memiliki garasi (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat ingin setiap warga yang mengajukan STNK baru harus menunjukkan surat keterangan memiliki garasi. Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Halim Pagarra mengatakan hal tersebut perlu dikomunikasikan lebih lanjut.

"Kita belum membicarakan hal tersebut. Apabila ada demikian, kita harus bicarakan," kata Halim di Mapolda Metro, Jalan Sudirman, Jakarta, Rabu (13/9/2017).



Halim lalu menerangkan persyaratan tentang pengajuan STNK sesuai UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Umum. Syarat-syarat dalam peraturan itu antara lain faktur kendaraan, cek fisik, dan KTP.

"Persyaratan STNK kita yang pertama adalah faktur kendaraan dan cek fisik, KTP. Dalam UU Nomor 22 Tahun 2009 maupun Perkap Nomor 5 Tahun 2015 mensyaratkan. Untuk perda kita belum dapat," terang Halim.



Gubernur Djarot sebelumnya mengatakan akan segera berkoordinasi dengan kepolisian untuk menerapkan aturan pada Perda Nomor 5 Tahun 2014 pada Pasal 104 soal transportasi. Djarot mengatakan nantinya setiap warga yang ingin mengajukan STNK baru harus menunjukkan surat keterangan memiliki garasi.

"Kalau seseorang tidak bisa tunjukkan bukti garasi, STNK-nya tidak bisa diproses, tidak bisa atas nama dia," kata Djarot saat dimintai konfirmasi terpisah, Rabu (13/9).

Djarot menegaskan warga yang ingin membeli mobil baru harus menyertakan surat keterangan dari RT dan RW setempat. Dia akan berkoordinasi dengan Samsat untuk penerbitan STNK mobil baru yang ada.

"Ya, itu ada jaminan, mengetahui siapa, sepengetahuan sampai RT-RW bahwa Djarot mau beli mobil ada nggak jaminan dia punya garasi. Baru kita sampaikan ke Samsat untuk diproses," tegasnya.
(knv/nvl)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed