DetikNews
Rabu 13 September 2017, 18:17 WIB

Tidak Punya Garasi, Penyewaan Parkir di Palmerah Jadi Solusi

Arief Ikhsanudin - detikNews
Tidak Punya Garasi, Penyewaan Parkir di Palmerah Jadi Solusi Penyewaan parkir (Arief/detikcom)
Jakarta - Pemerintah DKI Jakarta mewajibkan pemilik mobil memiliki garasi. Namun, jika tidak mempunyai garasi, si pemilik bisa menyewa pada lahan penyewaan parkir.

Seperti yang terjadi di Jalan H. Tasyir, Palmerah, Jakarta Barat. Terdapat sebuah lokasi penyewaan lahan parkir. Lahan yang disediakan sebatas tanah kosong dengan pagar tembok. Tidak ada atap untuk membuat teduh lahan parkir. Lahan parkir itu sudah terisi penuh sebanyak 25 mobil. Berbagai jenis mobil terlihat diparkir di lahan itu.

"Member-nya sekitar sini aja. Warga sini. Karena kan kalau masuk ke dalam, akses mobil tidak bisa masuk," ujar penjaga penyewaan, Asep, saat ditemui di lokasi penyewaan, Rabu (13/9/2017).



Dengan membayar Rp 400 ribu per bulan, pemilik mobil leluasa meninggalkan mobilnya. Keamanan mobil pun dijamin oleh penjagaan 24 jam.

"Akses pintu satu, penjaga siang dua, malam dua. Jam satu malam gerbang kita tutup. Harus hubungi penjaga dulu. Kalau nggak ada komunikasi, saya nggak buka meski member," ucap Asep.

Asep menerangkan penyewaan ini sudah ada sejak lima tahun lalu. Dulu, lahan ini adalah lahan kosong.

"Dulunya ini tanah kosong. Dikelola begini saja," tutur Asep.

[Gambas:Video 20detik]





Sementara itu, Dinas Perhubungan DKI Jakarta memperbolehkan adanya sewa parkir itu. Namun harus ada izin untuk usaha tersebut.

"Boleh. Sebatas izinnya dipenuhi," kata Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Sigit Wijatmoko saat dihubungi terpisah.

Sigit mengatakan akan mengecek penyewaan dari parkir mobil. Dia akan mendata penyewaan mana saja yang memiliki izin ataupun tidak.

"Kemarin sudah dirapatkan, setiap satuan kecamatan diminta potret lokasi parkir warga. Dua minggu ke depan sudah ada datanya. Siapa pengelola sudah punya izin atau nggak," ucap Sigit.
(aik/rvk)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed