DetikNews
Rabu 13 September 2017, 17:27 WIB

Fadli Surati KPK soal Pemeriksaan Novanto, Desmond: Dia Salah!

Gibran Maulana Ibrahim - detikNews
Fadli Surati KPK soal Pemeriksaan Novanto, Desmond: Dia Salah! Politikus Gerindra Desmond Junaidi Mahesa (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Politikus Gerindra sekaligus Wakil Ketua Komisi III DPR, Desmond Junaidi Mahesa, menilai Fadli Zon mengintervensi KPK karena mengirim surat untuk menunda pemeriksaan Ketua DPR Setya Novanto ke KPK. Tindakan Fadli dinilai keliru.

"Yang bisa hentikan itu ranah pengadilan, diteruskan atau tidak. Tentunya dengan pertimbangan-pertimbangan yang sangat rasional. Kalau menghentikan itu mengintervensi pengadilan. DPR nggak benar, Pak Fadli Zon nggak benar!" cetus Desmond di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (13/9/2017).

Isi surat tersebut meminta KPK menunda pemeriksaan Novanto sampai sidang praperadilan terhadapnya usai. Desmond tak setuju.

"Menurut saya, tidak ada. Kan yang jadi soal hari ini tujuannya ke KPK atau pengadilan? Kalau tujuannya ke KPK, surat itu salah! Kenapa? Karena putusan pengadilan tanggal 20 September akan ada sidang (praperadilan Novanto). Jadi apa yang ditulis surat oleh Pak Fadli Zon salah kaprah," kata Desmond.

Desmond menilai tindakan Fadli telah mengintervensi KPK. "Ya, baru intervensi," ucap Desmond.

Sebelumnya, Fadli menyebut surat ke KPK yang berisi permintaan penundaan pemeriksaan Novanto bukan aspirasi DPR. Surat itu diteruskan atas permintaan Novanto.


"Itu kan aspirasi bukan (dari) DPR, dari Pak Novanto, sesuai dengan aturan UU yang berlaku saja," ujar Fadli di Kampung Kebun Bayam, Tanjung Priok, Jakut, Rabu (13/9).
(dkp/bag)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed