DetikNews
Rabu 13 September 2017, 15:35 WIB

Warga Jakarta yang Beli Mobil Baru Harus Dapat Rekomendasi Pak RT

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Warga Jakarta yang Beli Mobil Baru Harus Dapat Rekomendasi Pak RT Kepala Dishub DKI Andri Yansyah. (Dewi Irmasari/detikcom)
Jakarta - Sosialisasi aturan pemilik mobil di Jakarta harus memiliki garasi sedang digalakkan. Selain STNK, warga yang membeli mobil baru harus mengantongi rekomendasi dari RT dan RW.

Aturan itu tertuang dalam Perda Nomor 5 Tahun 2014 tentang transportasi, yang salah satunya mengatur syarat garasi dalam memiliki mobil.


Kepala Dishub DKI Andri Yansyah mengatakan warga harus meminta surat rekomendasi RT untuk membeli mobil baru. "Terkait masalah proses kepemilikan kendaraan, dibuktikan dengan STNK. Dia harus mendapatkan rekomendasi dari RT/RW," kata Andri di gedung DPRD, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Rabu (13/9/2017).

Andri mengatakan domain Dishub adalah menindak warga yang melanggar. Terkait aturan STNK tersebut, Andri akan berkoordinasi dengan Polda Metro Jaya. "Kalau proses kepemilikan saya kan berkoordinasi dulu. Kan kita nggak tahu ini. Karena ini antar kepolisian juga Samsat, Ditlantas. Nah itu ada kegiatan yang berbeda," jelasnya.




Pemprov DKI Jakarta sedang mensosialisasi Peraturan Daerah (Perda) Nomor 5 Tahun 2014 Pasal 140 terkait pemilik kendaraan bermotor wajib mempunyai garasi. Sebab, masih banyak pemilik mobil yang tidak memiliki garasi sehingga kendaraannya diparkir di bahu jalan.


"(Sanksinya) gampang, ditarik. Mobilnya ditarik, kita bantu cari tempat parkir. Parkirnya di Dishub kita kandangin, gampang," kata Djarot di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta Timur, Jumat (8/9).
(aan/rvk)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed