DetikNews
Rabu 13 September 2017, 14:50 WIB

Tegakkan Perda Garasi di Perumahan, Dishub Koordinasi dengan RT

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Tegakkan Perda Garasi di Perumahan, Dishub Koordinasi dengan RT Kadishub DKI Jakarta Andri Yansyah. (Foto: Dewi Irmasari/detikcom)
Jakarta - Pemprov DKI akan melakukan penertiban pada mobil warga yang tidak di parkir di garasi. Dishub DKI akan berkoordinasi dengan pengurus RT/RW dalam melakukan penindakan tersebut.

"Memang terkait di perumahan itu bukan kita membeda-bedakan perlakuan. Tapi memang kita agak beda yang di jalan-jalan raya. Kalau seumpama di perumahan ada pengaduan, kita berkoordinasi dengan RT/RW. Kesana kita tanyakan dulu ini mobil siapa, jadi nggak langsung kita derek seperti itu," kata Kepala Dishub DKI Andri Yansyah di Gedung DPRD DKI, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Rabu (13/9/2017).




Andri mengatakan penindakan akan lebih didahului dengan upaya persuasif pada warga. Dia mengatakan penindakan akan dilakukan bila warga tidak mengindahkan imbauan tersebut.

"Kalau seumpamanya mobil warga kita sampaikan ke warga. Bahwa ini kita sampaikan sosialisasi tidak boleh seperti ini. Kita sampaikan harus menyiapkan garasi," paparnya.

Andri mengaku banyak mendapat keluhan warga mengenai mobil yang di parkir di jalanan perumahan. Menurut Andri, banyak mobil yang parkir tersebut bukan merupakan warga perumahan.

"Ada kemarin waktu saya di Tebet saya kemarin on spot dalam suatu siaran televisi, saya tanya punya siapa, 'nggak tahu pak'. Padahal depan rumahnya, kata warga 'udah berapa tahun ni pak, derek pak'. Yang kayak begini empuk nih," tuturnya.

[Gambas:Video 20detik]

Andri akan mempersilakan warga yang tidak mempunyai garasi untuk menyimpan mobilnya di parkir umum. Dia melihat penindakan dalam Perda nomor 5 tahun 2014 tentang transportasi adalah semata-mata untuk mengurangi kepadatan lalu lintas.

"(Parkir umum) kita harus inventarisir terlebih dahulu. Tapi kami melihatnya yang kami katakan tadi, dia sudah mau menyimpan tidak di ruang jalanan itu sudah merupakan keuntungan. Kalau kami kan kacamatanya, kacamata lalu lintas," pungkasnya.
(fdu/rvk)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed