DetikNews
Selasa 12 September 2017, 18:22 WIB

Berkeliling di Rumah Baru Kuda Chester yang Dulu Dicambuki

Akhmad Mustaqim - detikNews
Berkeliling di Rumah Baru Kuda Chester yang Dulu Dicambuki Rumah baru kuda Chester (Akhmad Mustaqim/detikcom)
Depok - Chester, kuda delman yang dulu dicambuk meski terkapar kelelahan, saat ini menjalani perawatan di rumah barunya yang luas. Rumah baru Chester itu adalah Arthayasa Stables.

detikcom mendatangi Arthayasa Stable, yang terletak di Jalan Bulak Tengki, Limo, Depok, Jawa Barat, Selasa (12/9/2017), untuk menengok Chester. Saat masuk ke kawasan tersebut, tampak beberapa kuda sedang merumput di tempat khusus yang telah disediakan.


Rumah baru kuda Chester / Rumah baru kuda Chester (Akhmad Mustaqim/detikcom)

Ada pula sejumlah groom (pengawas kuda) yang menyediakan makanan, seperti rumput kering, untuk tambahan makanannya.

Kawasan Arthayasa Stable terbagi dalam dua bagian, sebelah barat dan timur. Di sebelah barat, ada kandang tempat Arthayasa Stable digunakan sebagai latihan berkuda bagi kalangan profesional dan atlet.

[Gambas:Video 20detik]

Rumah baru kuda Chester / Rumah baru kuda Chester (Akhmad Mustaqim/detikcom)

Sementara itu, di sebelah timur ada lapangan khusus yang digunakan untuk para pelajar yang mengikuti sekolah berkuda, kandang, dan ruang karantina. Chester ditempatkan di tempat karantina, tepatnya di sebelah timur di paling belakang dekat dengan klinik hewan.



Chester menghuni kandang berukuran 4x4 meter dengan alas serbuk gergaji. Lokasi karantina itu dilengkapi dengan halaman tempat Chester merumput.

Kandang kuda Chester / Kandang kuda Chester (Akhmad Mustaqim/detikcom)

Ini merupakan pertama kalinya Arthayasa Stables menerima kuda yang dulunya penarik delman seperti Chester. Biasanya Arthayasa Stables digunakan untuk latihan berkuda.

"Kita membantu JAAN yang menemukan. Prinsipnya, kami ingin terapkan animal welfare, yaitu bebas rasa haus dan lapar, bebas dari ketidaknyamanan, bebas penyakit, bebas ekspresikan perilaku normal dia. Jadi jangan sampai salah paham kami mengambil mata pencarian orang lain," kata drh Rizqi Putratama, yang merawat Chester.

Rumah baru kuda Chester / Rumah baru kuda Chester (Akhmad Mustaqim/detikcom)

Saat ini Chester mendapatkan perawatan karena ada luka di kaki dan punggung. Dia diolesi krim dan baby oil untuk mempercepat penyembuhan luka-lukanya.



Mental Chester juga dipulihkan. Kuda ini sebelumnya viral karena terus dicambuki meski sudah terkapar kelelahan. Para dokter hewan kini fokus untuk mengembalikan keseharian Chester sebagai kuda poni biasa.
(imk/fjp)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed