SBY Instruksi PD Bantu Pemerintahan Jokowi, Hanura: Beliau Negarawan

Gibran Maulana Ibrahim - detikNews
Senin, 11 Sep 2017 13:45 WIB
Sekjen Partai Hanura Sarifuddin Sudding (M Fida Ul Haq/detikcom)
Jakarta - Ketua Umum Partai Demokrat (PD) Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menginstruksikan partainya membantu pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wapres Jusuf. Sikap SBY, menurut Partai Hanura, menunjukkan kenegarawanan.

"Beliau seorang negarawan ingin melihat negara kepentingan bangsa yang lebih besar. Saya kira parpol sebagai pilar demokrasi diharapkan memberikan dukungan penuh terhadap pemerintahan saat ini," kata Sekjen Hanura Sarifuddin Sudding di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (11/9/2017).

Menurut Sudding, pemerintahan Jokowi saat ini fokus menyejahterakan rakyat. Karena itu, dia mengimbau seluruh elemen bangsa mendukung Jokowi.


"Kita memahami pemerintahan saat ini sungguh-sungguh membangun kemandirian bangsa dan kesejahteraan bangsa. Kalau arahnya ke situ, kita harus memberi dukungan penuh ya," tutur anggota Komisi III DPR itu.

Dalam pidatonya di peringatan HUT Demokrat ke-16 di Cikeas, Sabtu (9/9), SBY awalnya menyinggung soal sejarah bangsa dan kondisi negara saat ini. Ada beberapa hal di masa lalu yang disorotinya, mulai dari korupsi, aparat militer partisan, pembangunan ekonomi, hingga hak masyarakat bersuara di publik.


SBY ingin pemerintah menghilangkan semua hal tersebut yang diibaratkannya sebagai penyakit bangsa. Namun dia sadar pemerintah tak dapat bekerja sendiri.

"Karenanya, melalui mimbar ini, saya mengajak seluruh kader dan simpatisan Partai Demokrat untuk membantu negara dan pemerintah menjalankan tugas dan kewajibannya," ucap SBY. (gbr/elz)