detikNews
Selasa 05 September 2017, 17:12 WIB

Fadli Kritik Kunjungan Menlu ke Myanmar: Dia Masih Senyum-senyum

Gibran Maulana Ibrahim - detikNews
Fadli Kritik Kunjungan Menlu ke Myanmar: Dia Masih Senyum-senyum Foto: Hary Lukita Wardani/detikcom
Jakarta - Wakil Ketua DPR Fadli Zon mengkritik kunjungan Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi ke Myanmar untuk meredakan konflik etnis Rohingya. Menurut dia, hasil kunjungan tersebut belum jelas.

Kritik itu disampaikan Fadli saat menjelaskan perihal cuitannya di akun Twitter resminya soal Rohingya. Fadli menulis, 'Rezim ini kelihatan tak mendukung masyarakat #rohingya yg jd korban pengusiran n pembantaian. Apakah krn mereka kebetulan muslim?'

"Itu pendapat saya. Saya melihat rezim ini tidak kelihatan mendukung karena menurut saya tidak maksimal dalam melakukan dukungannya. Dukungan itu sangat minimalis," ujar Fadli di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (5/9/2017).

Menlu bertemu Panglima Militer Myanmar membahas konflik Rohingya.Menlu bertemu Panglima Militer Myanmar untuk membahas konflik Rohingya. Foto: Pertemuan Menlu Retno dengan Panglima militer Myanmar/Kemlu


Menurut Fadli, seharusnya Indonesia dapat melakukan upaya lebih untuk membantu Rohingya dalam penderitaan mereka. Dia lalu mengkritik foto kunjungan Menlu Retno yang menurutnya tak menggambarkan upaya serius pemerintah dalam menyelesaikan konflik ini.

"Kalau saya lihat dari foto-foto itu, Menlu di sana masih senyam-senyum, tukar-menukar cendera mata kayak kunjungan biasa, jelas dong!" sebut Fadli.

"Apa yang dibicarakan di situ? Meminta, kita mengecam, kita apa, gitu, jelas. Jangan hanya kunjungan biasa," imbuh dia.
(gbr/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com